posbekasi.com

Polantas Nakal, Dirlantas Polda Metro Jaya Gentlemen Minta Maaf kepada Masyarakat

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. [Posbekasi.com /Ismail Hasibuan]

POSBEKASI.com | JAKARTA – Pernyataan peminta maafan terbuka Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo terkait Polisi Lalulintas (Polantas) nakal yang melakukan pengutipan liar (pungli) merupakan tindakan satria dan gentlemen sebagai komandan atas perbuatan anakbuah di lapangan.

“Indonesia Cinta Kamtibmas (ICK) mengapresiasi tinggi perminta maafan Dirlantas Polda Metro Jaya atas kelakuan anakbuahnya yang melukai hati masyarakat karena melakukan pungli,” kata Ketua Presidium ICK, Gardi Gazarin, SH, dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat 5 November 2021.

Gardi Gazarin mengapresiasi sikap tegas humanis Dirlantas Polda Metro Jaya itu yang kerap minta maaf terbuka terkait adanya kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan jajaran lalu lintas d wilayah hukum Polda Metro.

“Sikap dan transparan pimpinan Polantas itu layak diapresiasi sebagai worning Polantas ke depan agar lebih baik lagi. apalagi ada Sangsi tegas anggota bersalah tidak ditutupi atau dilindungi sebagai aib, sebaliknya ditindak sesuai prosedur,” kata Gardi Gazarin.

Dikatakannya, keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tidak saja di lingkungan masyarakat tetapi di jalanan juga ada keterrtiban berlalulintas tidak saja untuk masyarakat tapi juga petugas di lapangan harus mengedepankan humanis sehingga tercapainya kemanan dan keselamatan (Kamsel) berlalulintas.

“Ditingkat Korlantas Mabes Polri ada Direktur Kamsel yang dikomandoi Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana yang merupakan perwira tinggi eksis dengan bidang lalu lintas. Mengingat Polantas adalah cermin polisi yang selalu hadir terbuka d lapangan maka apa yang dilakukan Sambodo merupakan langkah maju untuk menjadikan Polantas cermin Polisi dicintai masyarakat sebagaimana yang diharapkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo,” ucap Gardi Gazarin.

Sebagaimana di wartakan, Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan permohonan maafnya atas kelakuan anggota Polantas yang meminta bawang sekarung saat menilang mobil truk di Bandara Soekarno-Hatta.

“Untuk itu, saya selaku Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya meminta maaf apabila masih ada perilaku anggota kami yang melukai hati masyarakat,” kata Sambodo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu 3 November 2021.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Sambodo meminta masyarakat melaporkan Polantas Nakal ke nomor hotline pengaduan 0812-9891-1911.

“Masyarakat bisa melapor apabila menemukan polisi nakal atau pungli. Laporkan Polantas nakal, baik di pelayanan SIM, STNK, dan BPKB maupun dalam hal penindakan di jalan. Kami akan berusaha untuk lebih baik, silakan laporkan melalui nomor ini apabila masih ada anggota saya, khusus di wilayah hukum Polda Metro Jaya, yang masih melakukan hal-hal yang tercela,” tegasnya.[REL]

BEKASI TOP