Bekasi Online

Ribuan ASN Pemkab Bekasi Ikuti Uji Kompetensi

ASN Kabupaten Bekasi mengikuti uji kompetensi, di Gedung Diskominfosantik, Kabupaten Bekasi, Selasa (5/10/2021). [Posbekasi.com /Newsroom]

POSBEKASI.COM | CIKARANG – Sebanyak 2.327 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti uji layak kompetensi atau asessment ASN di Lingkungan Pemerintah Kabuptaen Bekasi pada Selasa (5/10/2021), digelar selama tiga hari mulai  5  – 7 Oktober 2021 di Gedung Diskominfosantik, Kabupaten Bekasi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bekasi, Abdilah Majid, mengatakan ASN yang mengikuti asessment  terdiri dari Pejabat Adminsitrator sebanyak 210 orang, pengawas 784 orang, pejabat fungsional 131 orang, pejabat pelaksana 1202 orang.

“Total dari semua pejabat yang mengikuti sebanyak 2.327 orang yang berasal dari Golongan 3a dan 3b. Tujuannya agar mengetahui sejauh mana pejabat administrator, pejabat pelaksana dan fungsional melaksanakan kinerja setiap harinya,” papar Abdilah.

Menurutnya, hasil asessment nantinya akan menjadi tolak ukur Pemkab Bekasi untuk menempatkan para ASN saat mutasi sesuai dengan kapasitas dan kualitasnya.  “Ada pengukuran, kalau ada mutasi diambil dari hasil asessment sekarang ini,” terangnya.

Lebih lanjut Abdilah mengatakan asessment ini bisa meningkatkan kinerja para pemangku jabatan agar bisa bekerja sesuai dengan atuaran yang telah ditentukan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan uji kompetensi ini bisa meningkatkan kualitas pelayanan di Pemerintahan Kabupaten Bekasi. Apalagi diera masa kini dimana daya saing daerah ditentukan dari kualitas SDM yang direkrut dan ditempatkan sesuai dengan kapasitas dan kompetensinya.

“Supaya tetap dalam kondisi sejahtera dan seluruh penyelenggara manajemen kepegawaian berjalan secara profesional. Tanpa itu semua daerah kita tidak akan bisa bersaing dengan daerah lainnya,” kata Dani  saat persiapan uji komptensi di Gedung Wibawamukti, Senin (4/10/2021).[JAL]

BEKASI TOP