posbekasi.com

Jumlah Nakes Tak Sebanding Pasien Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr Sri Enny Mainarti. [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.COM | CIKARANG – Jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Bekasi tidak sebanding dengan pasien Covid-19 yang harus dirawat di rumah sakit. Saat ini 4 orang nakes di Kabupaten Bekasi harus melayani sekitar 30 pasien Covid-19.

“Kondisi saat ini di Kabupaten Bekasi, empat nakes menangani hingga 30 pasien Covid-19. Padahal idealnya satu tenaga kesehatan hanya merawat 3 pasien saja dalam kondisi normal,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dr Sri Enny Mainiarti, Selasa (13/7/2021).

Selain minim nakes, Kabupaten Bekasi juga mengalami antrean pasien Covid-19. Sri Enny menyebut tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) pasien Covid-19 sudah mencapai 85 persen dari total kapasitas rumah sakit.

Direktur RSUD Kabupaten Bekasi dr Sumarti mengaku telah mengambil sejumlah upaya untuk mengatasi keterbatasan nakes, mulai dengan mengurangi pelayanan ruangan rawat inap pasien non Covid-19 hingga pembukaan pendaftaran dan seleksi tenaga kesehatan tambahan.

“Sudah kami lakukan, mobilitas nakes kita alihkan mayoritas ke pasien Covid-19 dan rekrutmen juga sudah dilakukan meski belum mencukupi kebutuhan. Kalau memungkinkan ada relawan yang ditempatkan di kami, itu pasti sangat membantu,” katanya.

RSUD Kabupaten Bekasi saat ini memiliki kapasitas 236 tempat tidur isolasi pasien Covid-19 dengan 16 ruangan khusus pasien bergejala sedang hingga berat yang memiliki riwayat penyakit kritis.

“Saat ini sudah 220 bed dan 16 bed khusus critical illness (penyakit kritis-red), berarti totalnya 236. Kita akan menuju 317 ruang kalau memang lonjakan kasusnya terus meningkat, sambil menunggu tambahan nakes tadi,” ujarnya.

Berdasarkan data dari laman resmi Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, pikokabsi.bekasikab.go.id Selasa (13/7/2021) yang di-update pukul 11.00 WIB, kasus positif harian Covid-19 di Kabupaten Bekasi kembali bertambah 346 orang. Selain itu 6 orang pasien Covid-19 dilaporkan meninggal dunia.

Pasien positif yang dirawat di rumah sakit sebanyak 411 orang. Sedangkan pasien isoman 1.513 orang.

Untuk pasien yang sembuh bertambah 283 orang. Total kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Bekasi hingga Selasa (13/7/2021) sebanyak 1.924 orang.[REL/ETH]

BEKASI TOP