Bekasi Online

Personel BPBD Terjun ke Sejumlah Wilayah Banjir Kota Bekasi

Anggota BPBD terjun di lokasi genangan banjir di wilayah Rawa Lumbu, pada Sabtu (29/5/2021) pukul 19:45 WIB. [Posbekasi.com /BPBD Kota Bekasi]

POSBEKASI.COM | BEKASI.COM – Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi siap mengantisipasi banjir dan terjun ke lapangan sejak Sabtu (29/5/2021) sore tadi saat hujan berlangsung menggenangi sejumlah wilayah.

“Biasanya kalau hujan turun deras, personil sudah antisipasi di lapangan karena bisa diketahui dari info prakiraan cuaca,” kata Petugas Call Centre BPBD Kota Bekasi, Rinto Butarbutar, Sabtu (29/5/2021).

Sampai berita ini diturunkan, BPBD Kota Bekasi mencatat sejumlah lokasi yang menjadi titik genangan akibat hujan deras sejak sore tadi. Di antaranya, Perumahan Pondok Gede Housing 1 Kelurahan Jati Rahayu terdapat genangan sekitar 30-70 cm disekitar perumahan, Perumahan Bumi Nasio genangan 30-60 cm di dalam perumahan, sementara dijalan utamanya terdapat genangan 30 cm,

Genangan juga terjadi di Perumahan Jati Bening Permai sekitar kurang lebih 60 cm, Perumahan Dosen IKIP Jatibening genangan sekitar 90 cm, Perumahan Pondok Hujau Permai pintu 2 genangan sekitar 30 cm, Jalan Utama Pasar Burung Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawa Lumbu tergenang 30 cm, Perumahan Narogong ada genangan 30 cm dan Perumahan Cahaya Kemang Permai ada genangan sekitar 30-40 cm.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi, Agus Harpa Senjaya, M.Si situasi ini sewaktu-waktu dapat berubah tergantung cuaca. “Jika hujan terus maka Tinggi Muka Air (TMA) bisa semakin naik. Namun jika hujan sudah reda atau berhenti makan air bisa surut,” katanya.

Adapun genangan disejumlah titik dikarenakan curah hujan yang deras sejak sore tadi namun aliran air (saluran) tidak berfungai maksimal sehingga air lambat mengalir.

Selain itu, pihak BPBD Kota Bekasi juga terus memantau TMA dikali Bekasi khususnya aliran dari P2C (Pertemuan Kali Cileungsi dan Cikeas). Jika air terus bergerak maka personil disiapkan untuk antisipasi di Perum Pondok Gede Permai (PGP) dan titik lokasi lainnya  yang berada di bantaran kali Bekasi.

“Alhamdulillan, saat ini hujannya sudah berhenti kemungkinan titik yang terdapat genangan bisa surut, dan TMA dilokasi bisa berubah. Saat ini personil masih bertugas dilapangan memastikan kondisi sampai nanti terbilang aman”, ujar Agus Harpa.[RIK/OJI]

BEKASI TOP