Bekasi Online

Bantah Halau Pekerja, Polri Putar Balik 1.200 Kenderaan

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. [Posbekasi.com /Ismail Hasibuan]
POSBEKASI.COM | KARAWANG – Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan sebanyak 1200 kendaraan yang telah diputar balik oleh petugas gabungan di hari pertama penyekatan peniadaan mudik, di pos penyekatan di Karawang Barat, Tanjung Pura dan pintu Tol Cipali.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda, saat meninjau langsung penyekatan pemudik di ruas Tol Palimanan Cirebon, Kamis (6/5/2021).

Sebanyak 158 titik penyekatan, dimana 22 diantaranya di jalan tol dan 136 ada di jalur arteri, sempat terjadi kepadatan di pusat pos–pos penyekatan, namun bisa ditangani petugas dengan mengurai kemacetan.

Sementara itu di Pos Polisi Cikopo Purwakarta, Kapolda menyempatkan diri memberikan paket sembako kepada para petugas yang bersiaga di pos-pos penyekatan.

Bukan Halau Pekerja

Video viral yang beredar di sosial media tentang protes penyekatan pemudik, bukan merupakan kejadian sebenarnya.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono mengomentari vidio viral aksi sejumlah pengendara yang turun ke jalan, di areal KM 31 Tol Jakarta – Cikampek, karena adanya protes penyekatan peniadaan mudik dinilai hanya miss komunikasi .

Korlantas Polri menerapkan sistem buka tutup di titik penyekatan, membuat para pekerja pabrik di daerah cikarang mengeluh, hingga turun ke jalan dan aksi yang menjadi viral ini langsung ditangangani dengan sigap oleh petugas gabungan peniadaan mudik di lapangan .

Kejadian itu tidak berlangsung lama, karena petugas bekerja cepat untuk bisa mengurai arus lalu lintas dan kemudian mengakomodir pekerja yang baru pulang untuk bisa kembali ke rumah.

Sementara, Dirlantas Polda Metro Jaya , Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan aksi viral vidio tersebut karena para pekerja dari cikampek menuju cikarang terhalang dengan adanya buka tutup jalan, yang bertujuan mengurai kepadatan akibat adanya penyekatan keluar Jakarta.

Selain itu untuk mengantisipasi kejadian tersebut, polisi akan memberlakukan sistem buka tutup jalur , bagi bus-bus yang mengangakut pekerja dari cikampek menuju cikarang jawa barat.

Sebelumnya video viral yang berisi sejumlah masyarakat, melakukan aksi turun dari bus di titik KM 31, Tol Cikarang Barat terjadi 6 Mei 2021 dengan label memprotes dengan adanya titik penyekatan dikarenakan mereka tidak bisa melalui jalan tersebut untuk menuju kantor.[DIN/ISH]

BEKASI TOP