Bekasi Online

Empat Pilar Kebangsaan Benteng Ketahanan Negara

Rosa Putra (tengah) sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, di Kelurahan Serta Jaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Selasa (1/12/2020).[POSBEKASI.COM /IST]
POSBEKASI.COM | CIKARANG – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Almaida Rosa Putra, SE MM, mengatakan Empat Pilar Kebangsaan merupakan salah satu faktor pendukung kuatnya benteng pertahanan Negara.

“Keempat Pilar tersebut yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesaturan Republik Indonesia (NKRI) dan Semboyan Negara Bhineka Tunggal Ika,” kata Almaida Rosa Putra saat mengadakan kegiatan Citra Bhakti Parlemen dalam Sketsa Kebangsaan mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, di Kelurahan Serta Jaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Selasa (1/12/2020).

Kegiatan anggota DPRD Jabar Dapil IX ini dihadiri para tokoh masyarakat, tokoh agama, remaja masjid dan para tokoh pemuda pemudi.

“4 Pilar merupakan salah satu faktor pendukung kuatnya benteng pertahanan negara dan hal paling mudah untuk menerapkan empat pilar tersebut adalah dilingkungan terdekat kita,” ujarnya.

Dikatakannya, Bangsa Indonesia telah menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara, berarti Pancasila dijadikan pedoman dalam bertingkah laku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila merupakan pilihan Bangsa Indonesia untuk mengatur tatanan kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

“Penting bagi masyarakat untuk mempelajari Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat,” terangnya. .

Menurut politisi Golkar ini, sebagai sumber dari segala sumber hukum, Pancasila merupakan sumber kaidah hukum negara yang secara konstitusional mengatur negara Republik Indonesia berserta seluruh unsur-unsurnya yaitu rakyat, wilayah, serta pemerintahan Negara.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam masa pandemi pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan dan mengatur regulasi untuk meringankan beban masyarakat yang terkena langsung maupun yang terdampak Covid-19.

“Kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah merupakan salah satu bukti bahwa Negara telah menerapkan Pengamalan Pancasila dalam Berbangsa dan Bernegara,” pungkasnya.[POB]

BEKASI TOP