5 Langkah Lindungi WhatsApp Anda Dari Pembajak

Ilustrasi

POSBEKASI.COM | BEKASI – Penipuan melalui WhatsApp menjadi salah satu dari sekian banyak modus yang dilaporkan oleh masyarakat.

Modus yang paling sering digunakan adalah dengan memindai (scanning) QR Code yang tersedia pada fitur WhatsApp Web di ponsel anda.

Si Pembajak WhatsApp akan menggunakan akun anda untuk melakukan beragam hal, seperti meminta uang, meminta pulsa, atau bahkan melakukan romance scam.

Agar terhindar dari pembajak WhatsApp, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti :

1. Aktifkan fitur “Lock WhatsApp”
Salah satu fitur keamanan terkini yang disematkan WhatsApp adalah fitur pengunci layar. Anda bisa mengaktifkan fitur ini melalui bagian ‘setting’, ‘privacy’, lalu aktifkan fitur ‘screen lock’.

2. Ubah “Last Seen” anda menjadi “Nobody”. Bagi orang yang benar-benar jahil, informasi status online anda bisa menjadi sangat berguna bagi mereka. Mereka bisa saja mempelajari aktifitas anda di WhatsApp. Ketika mereka berhasil mengambil alih akun anda, mereka akan mengikuti kebiasaan waktu online anda.

3. Atur “Profile Photo” anda menjadi “My Contacts”. Hati-hati juga dengan profile picture anda. Bisa jadi, orang yang tidak dikenal bisa dengan mudah menggunakan gambar anda di akun WhatsApp lain.

4. “Deactivate Whatsapp” ketika ponsel anda hilang

5. Jangan lupa log out WhatsApp setelah selesai menggunakan fitur “WhatsApp Web”.

Fitur WhatsApp Web seringkali memakan korban, apalagi saat penggunanya tidak segera ‘log out’ sehabis menggunakan fitur ini. Terlebih, ada banyak aplikasi yang diciptakan untuk mirroring WhatsApp.

Biasanya, hal ini bisa dilakukan oleh orang terdekat atau orang yang punya akses untuk menggenggam ponsel anda. Sebenarnya, anda bisa saja memonitor aktifitas WhatsApp Web anda melalui ponsel. Sayangnya, tidak semua orang melakukan hal ini.**

[Humas Polri]

Pin It

Comments are closed.