Prasetyawati Apresiasi Klinik “Sampah” Runtah Caringin

Anggota DPRD Jabar Prasetyawati jaring aspirasi masyarakat peduli sampah di Desa Caringin dalam rangka Reses I Anggota DPRD Jabar Tahun Sidang 2019-2020, di Desa Caringin, Kabupaten Bogor, Rabu (4/12/2019).[POSBEKASI.COM/IST]

POSBEKASI.COM | BOGOR – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Ir. Prasetyawati mengapresiasi kelompok masyarakat peduli terhadap penyelesaian permasalahan sampah.

Prasetyawati mendatangi kelompok masyarakat peduli sampah Klinik Runtah di Desa Caringin, Kecamatan Caringin Kab. Bogor.

“Klinik Runtah bisa jadi percontohan yang mana sampah organiknya diolah menjadi pupuk dan yang anorganik dibuat tas, tikar serta ecobrick yang dimanfaatkan menjadi meja dan kursi,”,ujar Prasetyawati saat jaring aspirasi masyarakat Desa Caringin dalam rangka Reses I Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Tahun Sidang 2019-2020, di Desa Caringin, Kabupaten Bogor, Rabu (4/12/2019).

Prasetyawati menambahkan pengelolaan sampah oleh Klinik Runtah sangat dirasakan manfaatnya terutama oleh masyarakat Desa Caringin yang tidak mempunyai tempat pembuangan akhir sampah karena dalam satu hari sampah berkurang hingga 2 kwintal.

Namun begitu masih ada kendala modal awal serta alat angkut sampah dari tempat warga ke tempat pengolahan seperti motor ataupun gerobak sampah.

“Kalau didorong dengan modal yang cukup dan alat yang memadai saya rasa bisa mengurangi sampah hingga satu ton perhari. Kita bantu dan carikan program bantuan dari Provinsi maupun Kabupaten yang tepat”, jelas Prasetyawati.

Ia pun berharap hal yang sama bisa diterapkan di wilayah lain untuk membantu mengatasi persoalan sampah di Jawa Barat.

“Akan saya ekspose ke beberapa daerah yang mempunyai permasalahan yang sama tentang sampah, saya yakin ini bisa diterapkan di Jawa Barat,” pungkas Prasetyawati.[POB]

Pin It

Comments are closed.