posbekasi.com

Sebulan Operasi Cipkon KKYD, 243 Penjahat Dibekuk dan 4 Ditembak

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Ratusan pelaku tindak kejahatan selama sebulan di wilayah hukum Polda Metro Jaya berhasil diringkus.

Polda Metro Jaya yang membawahi 13 Polres membekuk 243 pelaku kejahatan selama sebulan menggelar razia atau operasi kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) tahun 2019 ini.

Dari 243 tersangka, sebanyak 4 orang ditembak lantaran berupaya melukai petugas saat akan ditangkap dalam Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD).

Ke 243 tersangka ini terbagi dalam 137 kasus mulai penganiayaan berat, pembunuhan, pengeroyokan, pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), judi, perusakan, pelanggaran UU Darurat, penipuan, pemerasan hingga narkoba.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menuturkan untuk barang bukti yang disita pihaknya dari 243 tersangka itu berjumlah 210 barang bukti.

Sebanyak 243 pelaku kejahatan yang dibekuk Polda Metro Jaya dan 13 Polres jajarannya selama sepekan menggelar razia atau operasi kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) tahun 2019 ini.

“Yakni senjata api sebanyak 7 pucuk, senjata tajam 26 buah, 23 peluru, 52 unit sepeda motor, 12 unit kendaraan roda empat, 98 buah ponsel, 12 laptop, ganja sebanyak 172,39 gram dan uang tunai Rp 89.460.000,” kata kombes Argo dalam jumpa persnya di Mapolda Metro Jaya, Senin (12/8/2019).

Dikatakannya, dari 243 tersangka sebanyak 4 diantaranya terpaksa dilakukan tindakan tegas terukur dengan ditembak petugas.

?Mereka melakukan perlawanan kepada petugas dan mencoba kabur. Karenanya kami lakukan tindakan tegas terukur kepada 4 orang tersangka ini,” ungkapnya.

Dipastikannya, dari 243 tersangka yang dibekuk sebagian adalah penjahat kambuhan atau residivis. Operasi KYYD ini dilakukan untuk menciptakan situasi kondusif di tengah masyarat. “Untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. “Operasi seperti ini akan kami lakukan secara rutin dan berkala,” katanya.[COK/POB]

BEKASI TOP