Polisi Ringkus 2 dari 4 Pembobol ATM di Kampus Mercubuana

Ilustrasi

POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Empat pelaku pembobol ATM di Kampus Mercubuana, Jatisampurna, Pondok Gede, Kota Bekasi, diringkus polisi.

Kapolsek Pondok Gede, Kompol Suwari mengatakan, empat pelaku memiliki peran masing-masing saat menjalankan aksinya Kamis 14 Maret 2019, pukul 18:30.

“Dua pelaku bertugas menunggu di mobil, satu orang mengawasi lingkungan sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan satu orang membobol ATM. Dia masukan kartu ATM tapi dia masang kabel yang untuk aliran listrik itu. Tatkala dia sudah buka pinnya, narik uang, langsung dimatikan aliran listriknya. Dia bikin disoketin lagi lah istilahnya, jadi aliran listrik di mesin ATM bisa dimatikan sama dia,” kata Kompol Suwvri, kemaren.

Dikatakannya, saat mesin ATM baru akan mengeluarkan uang, aliran listrik mesin ATM dimatikan pelaku. Dengan demikian, sistem dalam mesin ATM belum sempat menghitung jumlah saldo yang ada di kartu tersebut.

“Pas diproses (ambil uang), langsung dia matiin. Sehingga mesinnya belum menghitung saldo kita, langsung diambil. Ambilnya pake pinset. Usai berhasil ambil uang yang berjumlah Rp 7 juta itu, aksi pelaku diketahui petugas keamanan kampus. Para pelaku pun kabur menuju arah Jakarta Timur. Aksi pelaku yang juga diketahui warga pun dikejar hingga membuat pelaku panik,” katanya.

KLIK : Helikopter Bawa 4 Penumpang Jatuh di Tasikmalaya, Ini Nama Korban Mengalami Luka

Saat kejar-kejaran dengan warga dan polisi, pelaku nabrak-nabrakin mobil yang dolintasinya. “Saya langsung arahkan Bimaspol untuk ngejar (pelaku). Saking kencangnya dia nabrak sana sini, pelaku alami pecah ban, terus nabrak tiang listrik yang ada di daerah Lubang Buaya,” ungkap Suwari.

Akibat pecah ban, dua pelaku didapati warga dan dihakimi massa di daerah Cipayung, Jakarta Timur. Sedangkan dua pelaki lainnya berhasil melarikan diri. Satuan Reskrim dari Polsek Metro Makassar pun langsung menuju TKP dan menyelamatkan pelaku dari amukan massa.

Pelaku langsung dibawa ke Rumah Sakit Kramat Jati untuk mendapat perawatan. Setelah itu dua pelaku diserahkan ke Polsek Pondok Gede. Sementara itu, mobil yang dikendarai pelaku hancur diamuk massa.

“Aksi pembobolan itu pelaku berhasil membawa Rp7 juta dibawa kabur dua pelaku yang masih kita buru,” ujar Suwari.[ISH/POB]

Pin It