Posbekasi.com

Big Data Kunci Road Safety yang Serba On Line di Era digital

Ilustrasi

POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Oleh: Chryshnanda DL

Di era digital yang seba cyber dan sebagai generasi 4.0 keunggulannya adalah adanya sistem big data. Tanpa data di era sekarang adalah buta dan tidak mampu berbuat apa-apa.

Konflik issue on line seringkali tdk terselesaikan dengan tuntas bahkan cara-cara mafia pun merasuk mencari kesempatan dalam kesempitan. Penyelesain konflik dengan keroyokan dan pemaksaan intervensi soft power menumpulkan kewarasan dalam membangun peradaban.

Membangun sistem data di era digital diperlukan berbagai sistem inputing data yang diwujudkqn dalam berbagai aplikasi dapat melalui sistem apps yang bisa disatukan pada smart phone. Sistem on line saat ini menjadi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat di era 4.0 salah satunya adalah angkutan umum yang di manage secara on line.

Maraknya angkutan umum yang dimanage secara on line seringkali dimanfaatkan untuk menerobos aturan. Hembuskan angkutan on line yang secara masif berlatar belakang pemodal besar mampu menggeser angkutan yang eksisting. Standar angkutan umum bagi angku dikelola secara private walaupun bergerak di bidang jasa angkutan publik.

Seringkali perubahan dijadikan issue yang digoreng menjadi suatu konflik kepentingan. Benturan-benturan anatara angkutan umum yang eksosting dengan yang dikelola secara on line walau nampak kecik di permukaan namun di bawah tentu sudah besar.

Kita melihat fenomena yang terjadi bagaimana pasukan ojek on line ada di mana-mana mangkal juga walau dikelola on line. Apakah mereka sekarang raja jalanan? Mungkin saja begitu. Mengapa? Sistem data yang tidak terkoneksi dengan para pemangku kepentingan lainya. Dalam menangani road safety multi stake holder.

Para pengusaha angkutan umum on line mungkin perlu memahami mqkna road safety dalam bisnisnya. Etika bisnis yg berkaitan dengan road safety memang masih belum menonjol. Salah satu morqlitas pengusaha on line yang care thd road safety adalah mau membantu pemangku kepentingan lainya dalam sistem big data. Data yang masuk sampah akan keluar sampah juga.

Di sinilah kepekaan kepedulian para pengusaha angkutan online akan pencapaian tujuan road safety.

Tatkala para pengusaha online siap sharing data siapkah para pemangku kepentingan ini dengan sistem-sistem datanya? Sejalan dengan hal tersebut it for road safety memang tidak bisa dipungkiri. Nama apa saja silakan para pimpinan para pihak pun ingin eksis dan narsis saat berkuasa.

Okelah nama apa saja boleh di sana itik di sini bebek cincaylah. Yg terpenting prinsip-prinsip mendasar dan berlaku umum bagi penanganan sistem-sistem on line secara elektronik di era digital adalah adanya big data.

Sistem big data ini bukan sebatas pajangan aplikasi teknologi namun mampu menghubung hubungkan data-data yang ada dianalisanya dan ada produknya untuk mempresiksi mengantisipasi dan membeli solusi yang bisa di lihat dalam potret, trend, indeks, grafik, dan sebagainya.[]

Penulis: Direktur Keamanan dan Keselamatan Korps Lalu Lintas (Dirkamsel Korlantas) Mabes Polri

BEKASI TOP