BPBD Kota Bekasi Siaga 24 Jam di 8 Kecamatan Rawan Banjir

Banjir menggenangi badan jalan hingga mencapai 50 cm di kawasan Pondok Timur Indah, Kota Bekasi.[DOK]

POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Musim penghujan, Pemerintah Kota Bekasi siagakan petugas 24 jam untuk mewaspadai potensi banjir yang sewaktu-waktu dapat melanda di sejumlah titik dan pemukiman warga.

“Kami siagakan anggota 24 jam penuh untuk mengantisipasinya,” kata Wakil Ketua Satuan Tugas (Satgas) BPBD Kota Bekasi, Karsono, Senin 5 Nopember 2018.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, sekitar delapan titik yang harus diwaspadai tergenang banjir yang kini diantisipasi untuk dapat melakukan tindakan cepat ketika terjadi banjir.

Untuk wilayah yang dipantau yakni, Kecamatan Rawalumbu, Bantargebang, Bekasi Timur, Bekasi Selatan, Jatiasih, Bekasi Barat, Medan Satria, dan Jatisampurna.

Karsono mengimbau kepada masyarakat Kota Bekasi agar meningkatkan kewaspadaan. Apalagi perubahan musim saat ini membuat cuaca berubah sewaktu-waktu.

“Kami imbau agar masyarakat bisa siaga terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi seperti banjir,” katanya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, Arief Maulana, mengatakan pihaknya saat ini memprioritaskan penangganan banjir.

Dia mengungkapkan, sejak tahun 2017 pihaknya sudah melakukan penanggulangan banjir. Diantaranya, normalisasi saluran, rehabilitasi dan pembangunan saluran, penuntasan pembangunan folder, pembuatan folder baru dan memaksimalkan upaya pembersihan saluran melalui tim pematusan.

“Kami juga menerjunkan petugas untuk melakukan normalisasi saluran sekunder dan saluran utama agar laju air di permukiman warga berjalan lancar,” katanya.[ISH/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.