Bekasi Online

“Hoegeng” Orang Baik dan Orang Penting [Sambungan-3]

Memang baik menjadi orang penting. Tapi lebih penting menjadi orang baik -Hoegeng Iman Santoso-

Hoegeng Iman Santoso

POSBEKASI.COM – Oleh: Chryshnanda DL

Pada saat menjabat serasa seperti dewa, penuh kuasa, puja dan puji semua menjilatinya tetapi saat tiada kuasa mulailah keluar semu syndrome-syndromenya bahkan penyakit-penyakitnya pun diundangnya kembali, bagai orang yang esok akan mati jangankan berprestasi, hiduppun sudah seperti tiada arti. Inilah yang dijungkir balikkan oleh Hoegeng. Ia tetap bersahaja dan menjadi dirinya sendiri sebagai polisi yang baik.

Hoegeng sebagai orang baik dan ia pun orang penting yang memiliki integritas yang mampu ia tunjukkan dalam pikiran, perilaku dan perbuatannya.

Integritas merupakan karakter seseorang yang mampu menyatukan pikiran, perkataan dan perbuatan. Maknanya adalah ketulus hatian, jujur tidak ada yang disembunyikan. Bukan pula menutupi suatu kebusukkan, kecurangan, atau hal-hal yang kontra produktif. Keberanian keluar dari main stream salahsatunya adalah kejujuran, tiada dusta.

Kekuatan untuk bertahan dalam kondisi susah sekalipun karena habitus dan praksisnya adalah kesederhanaan. Segala sesuatu tatkala dikerjakan dengan baik dan benar, apa yang ditakutkan? Ketakutan-ketakutan muncul tatkala ada dusta, ada kesalahan, ada main mata dengan penyimpangan, menikmati dan membiarkan penyalah gunaan terus ada. Penyelenggaran tugas yang profesional, cerdas, bermoral dan modern, yang mampu mendeklarasikan sebagai program inisiatif anti korupsi, pelayanan prima, membuat para pejabatnya memiliki nyali.

KLIK : Hoegeng” Orang Baik dan Orang Penting [Sambungan-2]

KLIK : “Hoegeng” Orang Baik dan Orang Penting

Gertak apapun yang dilontarkan padanya akan dengan mudah dijawaba/ditepisnya. Sebagai contoh apa yang dilakukan pak Hoegeng, walau kondisi ditekan, dicopot dari jabatan, diiming-imingi kenikmatan duniawi, ada kesempatan memperkaya diri, namun semua tidak dilakukan. Memilih bertahan dengan gaya hidupnya.

Integritas Hoegeng terus melegenda, menjadi inspirasi dan ikon anti korupsi. Kejujuran dan kesederhanaan merupakan pilar kebenaran, dan dari situlah nyali keberanian akan berkobar. Tiada kekawatiran, tiada ketakutan. Kesadaran, tanggung jawab dan disiplinya mampu merefleksikan suatu kecintaan dan kebanggaan pada pekerjaan bukan pada jabatan. Berani karena benar, kebenaran dilandasi kejujuran. Kesederhanaan juga merupakan kuatan untuk bertahan pada prinsip-prinsipnya walau harus kehilangan jabatan dan kesempatan-kesempatan lainnya. Kebahagiaan adalah buah dari sesuatu, bukan sesuatu. Tentu saja proses dari sesuatu. Disinilah tataran kebahagian yang tidak terbeli karena bukan dalam ukuran standar materi.

Hoegeng Iman Santoso, sosok seorang polisi, yang juga seorang seniman pernah menjadi kapolri setidaknya bisa dijadikan ikon atau simbol Polisi Sipil. Hoegeng memang pernah dicekal, pernah dilarang hadir pada Hut Bhayangkara, para pejabat polri takut dan menyingkir dari hoegeng. Jangankan mengidolakan mendekatpun takut.[bersambung]

BEKASI TOP