Bekasi Online

HSNI Dirikan Koperasi, Sekda: Ingat Amanah!

Sekda Jabar Iwa Karniwa pada Rapim HNSI di Sekretariat HNSI Jabar, Jumat 13 Juli 2018.[IST]
BANDUNG | POSBEKASI.COM – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) berinisiasi untuk mendirikan koperasi sendiri, yaitu Koperasi Konsumen Sundapa Jaya Perkasa.

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa yang juga Ketua Dewan Pembina HSNI Jawa Barat  menyambut baik dan berpesan agar seluruh pengurus dapat mengutamakan amanah.

Menurut Iwa, berdasarkan indikator keberhasilan pengembangan koperasi-koperasi di Indonesia banyak yang kurang berhasil. Hal tersebut, kata Iwa, disebabkan oleh tiga hal, yakni sempitnya pasar koperasi, kurang profesionalnya pengelola koperasi, dan yang paling utama karena kurang amanahnya pengurus koperasi.

“Mau tersinggung atau tidak, memang kenyataannya seperti itu,” kata Iwa saat memberikan sambutan dan arahan pada Rapim HNSI, di Sekretariat HNSI Jabar, Jalan Gatot Subroto, Bandung, pada Jumat 13 Juli 2018.

KLIK : Konsorsium Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ajukan Revisi Penlok

Iwa memaparkan langkah-langkah yang dapat dilakukan guna mensukseskan koperasi, seperti yang telah diterapkannya pada Koperasi Konsumen Praja Sejahtera Jawa Barat. Dua diantaranya ialah menyeleksi dan penyuluhan pengelola agar selalu amanah, serta meningkatkan kepercayaan seluruh anggota koperasi melalui transparansi anggaran dengan sistem informasi terpadu berbasis teknologi. Dengan demikian, amanah menjadi kunci utama keberhasilan pengembangan koperasi.

Iwa berharap pengurus koperasi HNSI siap untuk mengusung profesionalitas dan amanah, sehingga ia yakin koperasi ini dapat menjadi salah satu penyokong peningkatan kesejahteraan nelayan jawa Barat.

“Kita pastikan bahwa salah satu yang bisa meningkatkan masyarakat nelayan di Jawa Barat solusinya satu, yaitu lewat koperasi. Kita bisa lebih besar, hanya masalahnya kita mau tidak (untuk) amanah? Kita mau tidak (untuk) profesional? Kita mau tidak (untuk) pakai ilmu?” ujar Iwa.

“Kalau misalkan koperasi yang kita bentuk ini dijalankan dengan tidak amanah, maka dipastikan koperasi ini akan gagal!” tegasnya.[SAM/POB]

BEKASI TOP