Bekasi Online

Pemkab Bekasi Tes Seleksi 154 Balon Kades

Pilkades Serentak 2018

CIKARANG | POSBEKASI.COM – Kabupaten Bekasi akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 154 desa pada 26 Agustus 2018 mendatang. Menurut pantauan Dakta, para bakal calon (balon) kepala desa terlihat sangat antusias untuk mendaftarnya, bahkan ada yang mencapai 10 orang.

Namun berdasarkan Peraturan Bupati Bekasi Nomor 5 Tahun 2018 menjelasakan bahwa jumlah calon kades di masing-masing desa dibatasi hanya lima orang. Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar tes tulis dan tes wawancara bagi 128 calon kepala desa yang melebihi kuota.

Kabid Bina Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Beni Yusnandar mengatakan kegiatan seleksi itu dilakukan terhadap 128 bakal calon kades yang dilakukan pada 14-15 Juli di Hotel Santika, Cikarang Selatan.

“Seleksi itu dilakukan oleh 15 orang dari tim independen yang berasal dari salah satu universitas negeri, mereka juga yang menyiapkan soal tes tulis tersebut,” kata Beni pada Jumat 13 Juli 2018.

KLIK : Pemkab Bekasi Gelontorkan Rp28 M untuk 154 Pilkades Serentak

Materi soal yang akan diberikan secara umum berkisar tentang pemerintahan desa, Pancasila, pengetahuan sejarah Indonesia, dan teknis soal pemerintahan desa.

“Sebagai pemerintah daerah, kami memfasilitas saja terkait dengan pelaksanaan tes tersebut,” ujarnya.

Beni menambahkan, untuk mencegah terjadinya gesekan saat pelaksanaan tes tertulis dan wawancara, balon kades tidak diperkenankan membawa pendukung.

Berdasarkan data dari DPMD, jumlah pendaftar balon kades seluruhnya mencapai sekitar 560 orang. Dari jumlah tersebut, desa dari 11 kecamatan terdapat kelebihan jumlah pendaftar bakal calon kades.

Desa yang memiliki bakal calon kades lebih dari lima orang yakni, Sumbersari, Sukaraya, Karangsentosa, Pantaibakti, Karangasih, Mekarmukti, Satriamekar, Srijaya, Sukaringin, Sukamanah, Sukahurip, Sukamulya, Sukaasih, Sukadarma, Sukakarya, Sirnajaya, Bojongsari, Waringinjaya, dan Sindangmulya.[dakta.com]

BEKASI TOP