Bekasi Online

Pemkab Karawang Revitalisasi 12 Jembatan Tua

Kadis PUPR Pemkab Karawang Acep Jamhuri.[IST]
KARAWANG, POSBEKASI.COM – Pemerintah Kabupaten Karawang segera revitalisasi belasan jembatan tua dikhawatirkan ambruk karena usia lebih dari 30 tahun.

Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, mengatakan sedikitnya ada 12 jembatan tua yang menjadi perhatian pihaknya saat ini.

Menurutnya, jembatan -jembatan tersebut dinilai sangat penting menjadi penghubung antar kecamatan dan infrastruktur ekonomi pertanian di Karawang.

Namun rata-rata, lanjut Kadis PUPR, usia ke 12 jembatan itu sudah dibangun sebelum tahun 1980-an.

“Usia rata-rata jembatan ini sudah 30 tahun lebih. Dan memang sudah layak untuk dilakukan revitalisasi. Rata-rata pembangunan jembatan di Karawang itu jaman bupati Sumarno Soeradi, tahun 1980-an. Kita akan revitalisasi sekitar 12 jembatan,’ kata Acep, Senn 30 April 2018.

Disebutkan, pihaknya pun sudah melakukan revitalisasi sejumlah jembatan -jembatan telah berumur di Karawang. Beberapa jembatan tersebut diantaranya adalah Jembatan Tirtamulya dan Jembatan Blendung.

“Kalau kita tidak melakukan revitalisasi, jembatan namanya sudah berumur kita khawatirkan ambruk,” katanya.

Ia mengatakan hampir setiap tahun pemerintah daerah menganggarkan APBD khusus jembatan senilai Rp40 hingga Rp50 miliar. Anggaran itu diperuntukkan untuk pembuatan jembatan, revitalisasi dan perawatan. “Tahun ini ada beberapa jembatan tua yang akan kita revitalisasi,” katanya.[REL/DIN/POB]

BEKASI TOP