Bekasi Online

Gawat, Double Duplikat Rekam e-KTP Sempat Mencapai 45.304 Orang

Ilustrasi

posBEKASI.COM, BEKASI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bekasi mencatat ada 67.803 warga Kota Bekasi, Jawa Barat, yang telah direkam namun belum dicetak. Secara bertahap pencetakan akan dilakukan.

“Sedangkan yang belum melakukan perekaman per akhir Januari sebanyak 90.042 orang,” kata Nardi, Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Disdukcapil Kota Bekasi.

Secara bertahap data yang sudah direkam itu dicetak dan langsung didistribusikan. Hal ini sekaligus upaya dalam mendukung proses Pilkada yang membutuhkan data penduduk.

Saat ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mencatat ada 2.409.038 penduduk. Dari jumlah itu, sebanyak 1.778.265 orang wajib ber-KTP. Dan warga yang E-KTPnya telah tercetak mencapai 1.566.963 orang.

Hanya, di bagian lain, pihak Disdukcapil juga menemukan double duplikat mencapai 45.304 orang. Namun data double, sudah ditanggulangi langsung oleh pusat, dan yang tersisa saat ini hanya 8.153 orang.

Nardi menyebutkan dalam kurun waktu tiga bulan pihaknya terus melakukan upaya-upaya mempercepat perekaman data E-KTP. “Terakhir kita sudah menerapkan perekaman itu dengan melayani masyarakat di dinas masupun di 12 Kantor Kecamatan di Kota Bekasi”, kata Nardi.

Bahkan perekaman data KTP elektronik ini, kami lakukan juga di Mall Pelayanan Publik (MPP) di Proyek Trade Center, bukan hanya E-KTP, kami sediakan juga pelayanan KK, Akte Kelahiran, dengan pelayanan langsung jadi.

Saat ini juga bersama KPUD Kota Bekasi sudah melakukan pencoklitan (pencocokan dan penelitian) langsung. Dari hal tersebut, masih ada sekitar 3.000 data yang belum klear.

“KPUD saat ini memiliki perangkat PPK dan PPS yang ditugaskan untuk terjun langsung ke lapangan.” katanya.

Mereka ini juga akan bekerjasama dengan RT dan RW di lingkungan setempat, sehingga apabila ditemukan yang tidak cocok bisa langsung dilakukan perbaikan. Hal ini menjadi upaya meminimalisir kesalahan.

Sementara, disebutkan sebelumnya dalam Rapat Pleno KPU Kota Bekasi terkait Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Walikota dan Wakil Walikota Bekasi tahun 2018 ditetapkan ada 1.383.018 pemilih terdiri dari, 689.505 pemilih laki-laki dan 693.513 pemilih perempuan.

DPS ini masih terbuka untuk perbaikan sampai penetapan pada April mendatang. “Masih akan berubah sampai penetapan nanti,” kata Syafrudin, komisioneR KPU.[poskotanews]

BEKASI TOP