Bekasi Online

Walikota Impikan PTN di Kota Bekasi Bisa Terwujud

Ilustrasi
Ilustrasi

POSBEKASI.COM – Keinginan Walikota Bekasi Rahmat Effendi untuk mendirikan universitas guna meningkatan kualitas pendidikan di Kota Bekasi masih suatu impian yang belum terwujudkan.

“Bila ada universitas atau PTN maka warga Kota Bekasi yang ingin menempuh pendidikan tidak harus ke luar wilayah,” ungkap Rahmat, Kamis 23 Maret 2017.

Dikatakannya, keinginan memiliki PTN tidak terlepas dari kebutuhan warga akan akses pendidikan yang berkualitas. Karena ketiadaan PTN di Kota Bekasi tidak hanya menghambat akses warga dalam pendidikan berkualitas yang terjangkau tapi juga mempengaruhi Indeks Prestasi Manusia (IPM) di bidang pendidikan.

“Tanpa PTN, IPM Kota Bekasi berada pada peringkat kedua di Jawa Barat. Tapi bila PTN nantinya ada IPM di bidang pendidikan lebih terdongkrak dan bahkan mengantarkan Kota Bekasi pada peringkat pertama di Jabar,” terangnya.

Untuk mendirikan PTN, Rahmat menyatakan tidak perlu proses dari nol, cukup mengubah status Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada untuk dijadikan PTN dengan persyaratan sesuai ketentuan Pendidikan Perguruan Tinggi (Dikti).

Rahmat telah merancang dan tengah membahas dua PTS di Kota Bekasi yang dapat diproses menjadi PTN yakni Universitas Islam 1945 (Unisma 45) dan Universitas Krisna Dwipayana.

“Asisten Daerah II memfokuskan untuk membahas kehadiran PTN di Kota Bekasi untuk segera direalisasikan dari satu diantara dua PTS itu,” ujarnya.[ISH]

BEKASI TOP