Bekasi Online

Polisi Karawang Tetapkan 5 Orang Tersangka Pungli Wisata

Ilustrasi
Ilustrasi

POSBEKASI.COM – Lima orang ditetapkan sebagai tersangka kasus pungutan liar (pungli) di kawasan wisata Pantai Tanjung Baru, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang.

“Sebelumnya ada tujuh orang yang diperiksa dalam kasus itu. Lima orang kemudian ditetapkan tersangka dan dua lainnya masih saksi,” kata Kapolres Karawang AKBP Andi Herindra melalui Kasatreskrim AKP Hairullah, di Karawang, Rabu 4 Januari 2017.

Modusnya, setiap kendaraan roda empat yang masuk ke tempat tersebut dimintai uang Rp50 ribu. Uang tersebut tidak disetor ke kas Pemerintah Desa Pasirjaya, tapi digunakan untuk kepentingan pribadi. “Kelima tersangka sudah kita tahan di rumah tahanan Polres Karawang,” katanya.

Lima tersangka yang ditahan ialah Pepen, Candra, Mulyana, Warya dan Darsim. Kelima tersangka itu merupakan warga Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang.

Masing-masing tersangka itu tugasnya sama, yakni sebagai pemungut uang tiket masuk kendaraan roda empat ke kawasan wisata Pantai Tanjung Baru.

Untuk melancarkan aksinya, tersangka membuat karcis masuk dan memperbanyak karcis itu dengan cara fotocopy. Hal yang memprihatinkan, uang hasil pungli tersebut digunakan untuk membeli minuman keras.

“Kelima tersangka kemudian dikenai pasal 368 KUHPidana dengan ancaman sembilan tahun penjara,” katanya.[RON/BEN]

BEKASI TOP