Bekasi Online

Penyerahan DIPA 2017 Kementerian dan Lembaga Wilayah Bekasi

Wakil Walikota Bekasi, H Ahmad Syaikhu, pada penyerahan DIPA tahun anggaran 2017 kepada satuan Kerja kementerian/lembaga di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi, di Kantor Walikota Bekasi, Selasa 20 Desember 2016.[ISH]
Wakil Walikota Bekasi, H Ahmad Syaikhu, pada penyerahan DIPA tahun anggaran 2017 kepada satuan Kerja kementerian/lembaga di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi, di Kantor Walikota Bekasi, Selasa 20 Desember 2016.[ISH]
POSBEKASI.COM – Wakil Walikota Bekasi, H Ahmad Syaikhu, didampingi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Negara (KPPN) Bekasi, Nur Asmah, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2017 kepada satuan Kerja kementerian/lembaga di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi, di Kantor Walikota Bekasi, Selasa 20 Desember 2016.

Simbolis penyeraham DIPA 2017 diberikan kepada kuasa pengguna anggaran yakni pihak Polres Metro Bekasi Kota, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (SSTD), dan Kantor Pengawasan Bea dan Cukai Bekasi.

Selain penyerahan DIPA disertai dengan penandatanganan pakta integritas masing-maaing satuan Kerja kementerian dan lembaga wilayah Bekasi.

Wawali Ahmad Syaikhu mengatakan Penyerahan DIPA ini merupakan awal dari rangkaian proses pelaksanaan APBN tahun 2017 yang telah disepakati oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama Pemerintah pada akhir Oktober 2016.

“APBN 2017 disusun dengan lebih realistis, kredibel, dan efisien agar mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, sekaligus menjadi instrumen untuk mengatasi pengangguran, memperluas kesempatan kerja, mengentaskan kemiskinan, dan kesenjangan,” katanya.

Lanjut Ahmad Syaikhu, pada tahun 2017 tingkat kemiskinan diupayakan dapat diturunkan menjadi 10,5%, tingkat pengangguran menjadi 5.6%, serta ketimpangan pendapatan di Indonesia yang diukur dengan gini ratio dapat ditekan menjadi 0,39.

Dalam APBN tahun 2017, wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi telah dialokasikan melalui satuan kerja Kementerian/ Lembaga sebesar Rp1.947.022.700.000 dengan rincian Rp841.669.137.000 untuk wilayah kota Bekasi dan Rp1.105.353.563.000 untuk wilayah Kabupaten Bekasi.

Untuk itu ia berharap usai penyerahan DIPA anggaran 2017, Pelaksanaan berbagai kegiatan yang direncanakan agar segera dimulai dan dikoordinaskan, sehingga tidak tumpang tindih dan tidak menumpuk di akhir tahun.

“Perlu disiapkan langkah-langkah nyata agar anggaran dan kegiatan dapat dilaksanakan sejak awal tahun seperti memulai pra lelang kegiatan. Agar kegiatan pembangunan dapat diyakini sudah mulai efektif berjalan pada Januari 2017,” harapnya.

Selain itu ia mengatakan komitmen bersama untuk melakukan langkah manitoring dan evaluasi pelaksanaan belanja pemerintah, baik di pusat maupun di daerah dalam tahun 2017.

Termasuk meningkatkan koordinasi dengan segenap jajaran Pemerintah yang ada di daerah, khususnya terkait pelaksanaan dan pencairan anggaran.

Kendala administratif, prosedural, birokrasi dan sebagainya segera diselesaikan, sehingga program-program Pemerintah dapat berjalan dengan segera dan rakyat dapat merasakan manfaat program-program tersebut tanpa menunggu lebih lama.

“Sekali lagi, mari kita gunakan anggaran daari APBN ini dengan sebaik-baiknya. Saya mengajak para Kuasa Pengguna Anggaran dan siapapun yang berhubungan dengan keuangan negara agar dapat menjaga amanah dalam mengelola keuangan negara baik yang bersumber dari APBN maupun APBD,” pungkasnya.

Usai penyerahan DIPA, dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada lima satuan kerja berkinerja terbaik tahun 2016.

Lima instansi kementerian/lembaga ini yakni PSTW Budi Dharma, Kantor Kementerian Agama, Polres Metro Bekasi Kota, MTSN Jatiasih, dan PSBK Pangudi Luhur.

Kepala Kantor KPPN Bekasi Nur Asmah mengatakan kriteria penilaian satker berkinerja terbaik ini diantaranya dalam hal penyerahan anggaran, tingkat capaian output, laporan pertanggungjawaban bendahara, deviasi perencanaan kas, dan tingkat retur pengembalian SP2D.

“Semoga prestasi bisa dipertahankan dan bagi satuan kerja lain menjadi motivasi agar melaporkan anggaran lenoh baik lagi,” katanya.[ISH]

BEKASI TOP