Bekasi Online

Dishub Kota Bekasi Tak Indahkan UU dalam Merazia Angkot

Ilustrasi
Ilustrasi

POSBEKASI.COM – Banyaknya surat KIR dan trayek kadaluarsa, Dinas Perhubungan Kota Bekasi bersama Satgas Gabungan menggelar operasi disejumlah ruas jalan masa tenggat izin trayek angkutan umum dikota bekasi.

Dalam operasi yang digelar Dinas Perhubungan dengan Petugas Gabungan dilapangan,petugas berhasil menilang puluhan surat KIR dan Izin Trayek kendaraan angkutan umum telah kadaluarsa.

Setiap kendaraan yang terjaring razia surat KIR dan izin trayek kadaluarsa langksung ditilang ditempat, petugas Dishub juga tidak segan-segan langsung menahan kendaraan dilapangan serbaguna Ramayana Departemen Store Bekasi Timur.

Namun, penahanan kendaraan angkutan umum oleh petugas banyak menuai protes dari supir angkutan umum, hal itu termaktub dalam UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu-lintas dan jalan raya Pasal 288 ayat (3) Jo pasal 106 (5) hurup C, setiap pelanggar diberi sanksi tilang membayar denda Rp500.000, sidang digelar di Pengadilan Negeri.

Tindakan penahanan puluhan kendaraan yang dilakukan petugas razia gabungan tergolong berani, dilapangan Serbaguna Bekasi Timur tidak mengindahkan amanat undang-undang.

Tidak terima mobil ditahan oleh petugas Dishub, supir langsung protes. Namun upaya itu sia-sia tidak digubris oleh petugas Dishub Kepala UPTD PKB Zeno dilokasi razia.

Sumber menjelaskan, petugas razia dilapangan tidak memiliki hati nurani menahan kendaraan tempat kami mengais rezeki sehari-hari untuk menghidupi anak dan istri.

“Kendaraan yang ditahan baru bisa diurus pada hari senin 15/8, bagaimana dengan nasib anak dan istri kami dirumah?,selama dua hari kedepan,” keluh sumber tersebut kepada wartawan, Minggu (14/8/2016).

Kepala Dinas Perhubungan Yayan, ketika dikonfirmas melalui SMS menyatakan, razia yang dilakukan hanya penertibkan izin trayek angkutan umum dan KIR.

Ketika di SMS apa landasan hukum ditahannya kendaaraan angkutan umum hingga hari Senin,Yayan tidak membalas SMS tersebut Sabtu (13/8/2016).[IMH]

BEKASI TOP