Bekasi Online

Dorrr…Perampok Truk Tewas di Tol

POSBEKASI.COM – Satuan Reskrim Polresta Bekasi Kabupaten menembak mati satu dari lima perampok spesialis truk dalam tol. Pelaku yang tewas yakni EI (28), sedangkan tiga lainnya ditembak di bagian kaki yakni EDA (30), U (30) dan WS (24). Sedangkan satu pelaku yakni R (33) menyerahkan diri. Komplotan perampok ini merupakan kelompok Lampung yang ditangkap Senin (27/4/2015) dinihari.

“Para pelaku biasa melakukan aksinya di dalam Tol Jakarta-Cikampek dan ruas tol lainnya,” kata Kasat Reskrim Polresta Bekasi Kabupaten, Kompol Sukamto, Selasa (28/4/2015).

Dia mengatakan, awal penangkapan komplotan spesialis perampok truk ini, adanya informasi penemuan mayat tidak dikenal Minggu (26/4/2015) siang di Tol Jakarta-Cikampek. Setelah dilakukan identifikasi, jasad tersebut diketahui bernama Burhanudin warga asal Lampung.

Jasad Burhanudin ditemukan di KM 33 Tol Jakarta-Cikampek atau wilayah Cikarang Selatan. Korban mengalami luka tusuk di bagian dada, ketiak, rusuk dan luka sobek pada jari jempol tangan kiri.

“Kita koordinasikan dengan Polres Lampung Selatan dan melakukan pengejaran terhadap pelaku,” kata Sukamto.

Dari hasil penyelidikan, diketahui pelaku berjumlah lima orang yang biasa beraksi merampok truk di tol. Modusnya, pelaku berpura-pura menjadi penumpang truk korban jenis Hino nomor polisi BE 9307 EU.

“Dua pelaku berperan sebagai penumpang dan tiga pelaku lainnya membuntuti dari belakang dengan mobil Daihatsu Xenia BE 2817 DP,” ujar Sukamto.

Kasat mengatakan, pelaku yang menumpang berpura-pura satu kerjaan dengan supir truk sehingga modus ini berjalan mulus. Upaya itu berhasil hingga supir atau calon korbannya percaya dan membiarkan pelaku menumpang di dalam truknya.

Setelah dua pelaku naik ke dalam truk, para pelaku langsung beraksi dengan mengancam menggunakan senjata tajam. Lalu korban atau sopir truknya dipindahkan ke mobil kawanan perampok yang membuntuti dari belakang.

“Dari tangan pelaku ini, kepolisian menyita barang bukti dapat antara lain 13 ekor sapi, dompet, kayu kaso, 1 unit truk Hino dan 1 unit Daihatsu Xenia,” kata Sukamto.

Para pelaku diancam Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan. Ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.(idam)

BEKASI TOP