posbekasi.com

Muhaimin: Saya tidak Pernah Bawa-bawa PBNU, Tetapi dari Lahir Saya NU

Ketua Umum PKB yang juga bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar (kedua kanan) didampingi Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali (ketiga kanan) menjawab pertanyaan dari wartawan saat tiba di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (6/9/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp

posBEKASI.com | JAKARTA – Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan dia tidak pernah membawa-bawa Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam aktivitasnya terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. tetapi dia menegaskan dirinya merupakan warga Nahdliyin sejak lahir.

“Saya nggak pernah bawa-bawa itu. Saya tidak pernah bawa-bawa PBNU, tetapi saya dari lahir sampai sekarang orang tahu saya NU (Nahdlatul Ulama),” kata Muhaimin di NasDem Tower, Jakarta, Rabu, saat dia diminta tanggapannya terkait pernyataan Ketua Umum PBNU.

Muhaimin saat ini merupakan bakal calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan, bakal calon presiden untuk Pilpres 2024. Keduanya mendeklarasikan diri sebagai pasangan di Surabaya, Jawa Timur, pekan lalu. Dalam acara deklarasi itu, Partai NasDem dan PKB memastikan dukungannya untuk pasangan tersebut, sementara PKS masih menunggu hasil musyawarah Majelis Syuro untuk menyetujui Muhaimin sebagai pendamping Anies.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf pada pekan lalu mengingatkan para politikus, terutama para bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden untuk tidak membawa nama NU dalam agenda politik mereka di Pilpres 2024.

“Jangan ada calon mengatasnamakan NU. Kalau ada calon mengatasnamakan (NU), kredibilitasnya atas nama perilakunya sendiri-sendiri, bukan atas nama NU,” kata Ketum PBNU yang akrab disapa Gus Yahya di Jakarta, Sabtu minggu lalu (2/9/2023).

Gus Yahya juga menegaskan secara struktural NU berikut kiai-kiai terafiliasi NU juga tidak akan memberi dukungan kepada pasangan calon tertentu.

Terlepas dari itu, PBNU mempersilakan warga NU yang ingin mencalonkan diri dan berkompetisi dalam pemilihan umum. Namun dia mengingatkan mereka agar tidak membawa-bawa nama NU.

“Orang tahu NU ini punya warga banyak sekali. Survei Alvara 52,9 persen populasi Muslim Indonesia mengaku NU,” kata Gus Yahya.

Gus Yahya juga memastikan NU sebagai lembaga tidak ikut dukung-mendukung dan juga tidak mencalonkan diri sebagaimana keputusan Muktamar NU. [ant]

BEKASI TOP