posbekasi.com

Bekasi Innovation Week 2022 Diikuti 20 OPD

Kepala Bappelitbangda Kota Bekasi, Dinar Faizal Badar, pada pembukaan Bekasi Innovation Week 2022 diikuti seluruh Lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rabu 5 Oktober 2022. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | BEKASI – Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Bekasi melaksanakan tahapan penilaian dan penjurian Bekasi Innovation Week 2022 untuk seluruh Lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kegiatan bertujuan untuk memotivasi, mendorong dan memberikan penghargaan kepada perangkat daerah/unit kerja yang berhasil menerapkan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah secara transparan dalam upaya peningkatan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat, dan daya saing daerah,” kata Kepala Bappelitbangda Kota Bekasi, Dinar Faizal Badar, Rabu 5 Oktober 2022.

Bekasi Innovation Week 2022 diikuti 20 peserta, 10 Perangkat Daerah, 5 Kecamatan, dan 5 Puskesmas. Para peserta merupakan hasil dari kompetisi yang telah melalui berbagai proses tahapan penilaian melalui penginputan inovasi daerah pada aplikasi sidik jari (http://sidikjari.bekasikota.go.id/).

Adapun bentuk inovasi daerah ini terdiri dari inovasi tata kelola pemerintah daerah, inovasi pelayanan publik, dan inovasi lainnya sesuai bidang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Sementara jenis inovasi daerah yang di laporkan kepada tim penilai adalah inovasi digital dan inovasi non digital.

Proses presentasi dan wawancara peserta akan dinilai Dewan Juri dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jawa Barat, dan Pusat Pengembangan Otonomi Daerah Universitas Islam 45 Bekasi.

“Semoga Bekasi Innovation Week mampu memotivasi perangkat daerah, dan tentunya hasil dari inovasinya mampu dirasakan masyarakat dalam memberikan pelayanan di Kota Bekasi,” ujar Dinar.

“Saya berharap kegiatan ini mampu memotivasi perangkat daerah untuk terus memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat Kota Bekasi baik secara digital maupun non digital,” tambahnya.

Sedangkan puncak Bekasi Innovation Week 2022 akan mengumumkan pemenang dan pemberian penghargaan kepada para peserta dengan empat kategori yaitu, Perangkat Daerah Terinovatif, Kecamatan Terinovatif, Puskesmas Terinovatif dan Inovasi Daerah Terbaik, pada 27 Oktober 2022 mendatang. [ISH]

BEKASI TOP