Bekasi Online

Annisa Shakira Raih Emas Pencak Silat O2SN Tingkat Nasional

Atlet Pencak Silat SMK Negeri 1 Bandung, Annisa Shakira Avrilya. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | BANDUNG – Kepala SMKN 1 Bandung, Yani Heryani sangat bangga atas prestasi yang diraih siswanya, Annisa Shakira Avrilya yang meraih medali emas di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Nasional Tahun 2022.

“Alhamdulillah, kami berbangga siswa kita bisa memberikan sumbangsih bagi Jabar di bidang pencak silat kemarin. Ini tak lepas dari kerja keras anak yang harus kita apresiasi,” ungkap Yani saat ditemui di sekolah, Jln. Wastukencana No.3, Kota Bandung, Rabu (14/9/2022). Ia pun berharap, capaian tersebut mampu memberikan energi positif kepada siswa lain untuk terus meningkatkan minat dan bakatnya.

Yeni menjelaskan, kompetesi memiliki manfaat tersendiri bagi siswa. Ia pribadi tidak menargetkan juara. Namun, ia meyakini, siswa akan mendapatkan pelajaran dan membuka wawasan bahwa dunia luar itu sangat luas.

“Jadi, ketika mereka lomba dan menang, alhamdulillah. Tapi, ketika lomba dan tidak menang, saya yakin ada pelajaran yang bisa diperoleh. Yang penting usaha, proses nomor satu, hasil mengikuti,” tambahnya.

Sekolah pun mendorong peningkatan minat dan bakat siswa melalui ekstrakurikuler (ekskul). Selain mengasah minat dan bakat, ekskul menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan karakter siswa.

“Jadi, tidak hanya fokus pada akademis. Karena, untuk bekerja atau berkarier nanti perlu juga karakter dan soft skill. Seperti komunikasi, bersosialisasi, dan pengembangan bakat yang diasah di situ,” imbuhnya.

Wakil Kepala SMKN 1 Bandung Bidang Kesiswaan, Roni Suryana Saputra pun sangat bangga dengan prestasi yang diraih Annisa. Sebab, menurutnya, tak banyak siswa yang mampu meraih prestasi di ajang nasional tersebut. Hal ini juga membuktikan optimalnya pembinaan minat dan bakat siswa melalui ekskul.

Hal tersebut sejalan dengan sinergisme yang terjalin antara pihak sekolah dan pelatih. “Bagi kami, pelatih bukanlah orang lain, tetapi sudah kami anggap teman bahkan saudara. Sebab, kami menitipkan juga anak-anak ke mereka untuk mengasah minat dan bakatnya,” ujarnya.

SMKN 1 Bandung memiliki 22 ekskul yang terbagi dalam beberapa bidang, mulai dari bela negara, olahraga, bahasa, dan kesenian.*

BEKASI TOP