Bekasi Online

Mulai Februari PLTGU Jawa-1 Benahi Jalan Cikalong – Cilamaya

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa-1 sepakat perbaiki Jalan Cikalong – Cilamaya, Senin 31 Januari 2021. [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | KARAWANG – Perbaikan Jalan Cikalong – Cilamaya yang melintasi tiga kecamatan di Kabupaten Karawang, rencananya akan mulai dilaksanakan pada Februari 2022. Beberapa pekan ini, kerusakan jalan tersebut menjadi topik aduan masyarakat di wilayah tersebut.

“JSP sudah komitmen akan mulai melakukan perbaikan Jalan Cikalong – Cilamaya di minggu pertama Bulan Februari,” ungkap Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa-1, Senin 31 Januari 2021.

Pada sidak tersebut, Bupati didampingi Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, Kepala Dinas PUPR Karawang Dedi Ahdiat, dan Muspika Kecamatan Cilamaya Wetan.

Secara keseluruhan, ada empat kesimpulan yang menjadi kesepakatan antara Bupati dan Wakil Bupati Karawang dengan PT Jawa Satu Power, selaku pengelola PLTGU Jawa-1. Sejak pekan pertama Februari, PLTGU Jawa-1 bakal melakukan perbaikan sementara di titik-titik yang sudah rusak parah.

Sementara, Wabup Aep mengatakan proses patching atau perbaikan lubang-lubang besar itu seharusnya bisa selesai dalam satu pekan. Secara paralel, ia berharap PLTGU melakukan proses administrasi agar agenda pelaksanaan perbaikan keseluruhan tidak tertunda
Perbaikan secara menyeluruh ini akan dimulai pada minggu ke tiga dan ke empat di bulan ini.

Disepakati juga, perbaikan jalan ini sekaligus memperhatikan saluran drainase agar tidak terjadi genangan air. “Kalau perlu dibuat dengan uditch biar bagus dan jalan tidak mudah rusak,” kata H. Aep.

Bupati menambahkan, proses perbaikan tidak tertunda lagi seperti sebelumnya. “Kami harap JSP tidak menunda-nunda lagi perbaikan jalan ini, karena ini menyangkut kenyamanan masyarakat Karawang,” tegasnya.

Sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), wabup meminta PT Jawa Satu Power dan kontraktornya bertindak cepat. “Kami di pemerintahan daerah sejak dulu mendukung proyek ini, kami mohon perhatikan aspirasi warga kami,” katanya.

Eksternal Affair Manager PT Jawa Satu Power, Tig Djulianto memastikan, komitmen yang sudah terjalin dengan Pemkab Karawang kali ini akan dijalankan dengan sungguh-sungguh. Secara korporat, Tig juga menghaturkan permohonan maaf atas keterlambatan perbaikan jalan ini.

JSP memastikan jika kerusakan di Jalan Cikalong – Cilamaya akan diperbaiki mulai bulan ini. “Setelah perbaikan ini selesai, kemudian kami akan melakukan serah terima kembali Jalan Cikalong – Cilamaya kepada Pemkab Karawang,” kata Tig.[DIN]

BEKASI TOP