Bekasi Online

Senja Januari di Tepi Danau Cincin

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama warga di tepi Danau Cincin berlatar belakang Stadion JIS, Sabtu 1 Januari 2022, petang. [Posbekasi.com /ABW

POSBEKASI.com | JAKARTA
Menjelang Ashar mampir ke tepi timur Danau Cincin.  Duduk di tepi danau, menyaksikan dari kejauhan anak-anak setempat sedang berlarian main apa saja, dari main bola sampai sekadar kejar-kejaran.

Tak lama ada seorang anak perempuan berjalan sendirian ke arah saya duduk. Dia jalan dengan langkah yakin, ketika sudah dekat dia tanya sambil senyum, “Pak Anies ya?” Saya jawab, “Ya. Kok tahu, khan pake masker?” Dia malah ketawa, dan jawab sekenanya, “keliatan aja” lalu dia menengok ke teman-temannya melampaikan tangan sambil teriak “hei bener, ini Pak Anies” lalu berhamburan anak-anak itu lari menuju tempat kami duduk.

Namanya Rachel, duduk di bangku kelas 7. Dia percaya diri, ceria dan tangkas. Ketika teman-temannya sudah berdatangan, dia keluarkan HP dari kantongnya. “Pak, kita foto bareng ya” dan yang terjadi bukan mereka berjejer tapi malah pada saling bergumul, saling dorong anak-anak ini. Satu anak terjungkal jatuh ke dalam danau. Tidak ada yg marah. Semua dengan tertawa lepas. Rachel justru dia yg berdiri memotret kita. Bukan selfie. Benar-benar seru!

Anak kecil berkaos merah yang terjungkal itu bangkit cepat dan selalu tertawa. Badannya lentur, ulet dan sigap. Saya ajak duduk foto berdua lalu saya tanya, kalau besar mau bikin apa. Dia jawab, “Mau jadi Pemadam Kebakaran”. Cocok! 🙂

Anak-anak ini tidak ada yang bermain dengan pakai masker, jadi kemudian dibagikan masker. Kali ini mereka mengantri tertib untuk pakai masker. Di mobil kami selalu ada stok masker untuk diberikan ke warga jika menjumpai warga tidak pakai masker.

Tidak jauh dari kita duduk, ada para penggemar burung merpati sedang berlatih kecepatan dan ketepatan. Anak-anak ini lalu mengantarkan saya ke sana. Kita berjalan kaki sama-sama ke lokasi kumpulan penggemar burung itu.

Setiap sore tempat ini jadi lokasi latihan bagi penggemar burung merpati. Saya yang memang suka memelihara burung, apalagi burung merpati, rasanya seperti kembali habitat 🙂

Sebuah sore cerah di tepi timur Danau Cincin. Pemandangan indah ke Danau Cincin yang berlatar belakang JIS dan beratapkan langit. Kombinasi yang luar biasa: keindahan alam anugerah dari Allah swt dikombinasikan dengan keindahan bangunan karya anak-anak bangsa kita sendiri. Danau Cincin juga akan kita revitalisasi tahun ini agar lebih nyaman buat semua.

Tetapi yang jauh lebih membahagiakan, bukanlah pemandangan alam dan bangunan itu tapi pemandangan anak-anak yang ceria, lincah dan guyub. Melihat warga yang bahagia bermain dengan burung merpati peliharaannya. Kebahagiaan bisa menyaksikan cerianya warga seperti ini melampai kebahagiaan memandang keindahan bangunan apapun.

Semoga masa depan anak-anak ini secerah suasana hari di sore ini, 1 Januari 2022.

Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta

BEKASI TOP