Bekasi Online

Wabup Sumbang Dua Perahu Karet, BPBD Sebar Perahu Hadapi Banjir Karawang

Dua perahu karet sumbangan Wabup Karawang Aep Syaepuloh diserahkan kepada Kwarcab Pramuka Karawang, Rabu 10 November 2011 [Posbekasi.cpm /IST]

POSBEKASI.com | KARAWANG – Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, sumbang dua unit perahu karet lengkap dengan pelampung, dayung dan juga helm safety untuk Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Karawang, Rabu 10 November 2021.

Bantuan tersebut, diberikan wabup agar bisa membantu melakukan evakuasi banjir ataupun bencana lainnya saat terjadi di Karawang.

“InsyaAllah menyusul empat perahu karet lagi. Ini semata sebagai bentuk kesiapan Pramuka Karawang membantu masyarakat yang terdampak banjir ataupun antisipasi bencana lainnya,” Wabup yang juga ketua Kwarcab Pramuka Karawang.

Menurut H Aep, Pramuka harus memiliki peran dan andil dalam membantu masyarakat ataupun pemerintah untuk kegiatan kemanusiaan dan sosial. “Oleh sebab itu Pramuka harus memiliki peralatan yang mendukung dan memadai,” kata Wabup.

Sebar Perahu

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Yasin Nasrudin, siapkan 30 perahu untuk 18 titik lokasi yang ada di 7 Kecamatan rawan bencana banjir.

Yasin menyebutkan, yang menjadi perhatian penuh kami kecamatan Pakisjaya, Rengasdengklok, Cilamaya, Telukjambe Timur, Telukjambe Barat, dan Karawang Barat, Cikampek.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya memiliki 30 puluh perahu yakni 6 unit perahu karet, 4 unit perahu fiber, dan 20 perahu lipat yang hanya bisa digunakan di situasi air tenang.

“Kita sudah melakukan pertemuan dengan pihak relawan lainnya, dan mereka juga memiliki perahu karet sebanyak 25 unit,” ungkapnya.

Menurut dia, perahu karet adalah logistik paling utama yang dibutuhkan ketika terjadi banjir di Kabupaten Karawang. Selain untuk mengevakuasi korban banjir, perahu karet ini juga untuk mendistribusikan bantuan.

“Kita sudah _mind mapping_ sebelum melakukan penyebaran perahu karet,” katanya.[DIN]

BEKASI TOP