Bekasi Online

Aep Syaepuloh Hujan-hujanan Jenguk Warga Gagal Ginjal, Kanker Payudara dan Tulang Leher

Wabup Karawang Aep Syaepuloh saat menemui ibu Cicih Yudianingsih warga yang menderita gagal ginjal, Senin 1 November 2021. [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.com | KARAWANG – Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh menjenguk sejumlah warganya yang sakit dan kurang mampu. Wabup sekaligus mengecek dan menanyakan penanganan lanjutan kepada warga yang sakit tersebut.

Meski hujan cukup deras, Wabup berkeliling ke rumah warga yang sakit, di Desa Anggadita, Kecamatan Klari, Senin 1 November 2021.

Kunjungan pertama Wabup adalah ke rumah bapak Sudiran (73) di Kampung Sukamulya RT 20 RW 6 yang mengalami kanker tulang leher. Sudiran mulai merasakan gejala sakit di lehernya mulai tahun 2012.

“Beliau ini kalau dari pengakuanya sudah sering periksa ke RSHS Bandung. Tapi hingga penyakitnya parah, belum tertangani dengan maksimal,” kata Wabup saat diwawancarai.

Usai dari rumah bapak Sudiran, Wabup menemui ibu Irma (37) penderita kanker payudara. Kepada Irma, Wabup meminta yang bersangkutan untuk secepatnya melakukan screening.

“Tapi karena kondisinya masih kurang enak badan, ibu Irma disarankan untuk periksa screening besok didampingi dengan pihak Puskesmas dan Kelurahan,” ujar Wabup.

Selanjutnya, Wabup menemui ibu Cicih Yudianingsih (42) warga yang menderita gagal ginjal. Berdasarkan cerita dari suami ibu Cicih, pembengkakan di sekitar payudara diakibatkan dari selang yang mengendap di antara area tulang leher dan bahu. Selang tersebut digunakan ibu Cicih untuk cuci darah setiap sebulan sekali karena sebelumnya gagal ginjal.

Kepada ketiga warganya tersebut, Wabup memerintahkan untuk dibawa ke RSUD Karawang agar bisa secepatnya dilakukan pengobatan dan perawatan.

“Mereka akan dibawa ke RSUD untuk pertolongan pertama dan nantinya kita akan dengar hasil pemeriksaan dari dokter. Inilah wujud kepedulian pemerintah daerah yang harus hadir di tengah tengah masyarakat,” ungkapnya.

Wabup juga mengimbau agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Apabila ada anggota keluarga yang sakit, segera bawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan,” pesannya.[DIN]

BEKASI TOP