posbekasi.com

Jakarta Kini Hidup Lebih Baik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disela sela acara Peresmian Infrastruktur Kampung Tanah Merah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Sabtu 16 Oktober 2021. [Posbekasi.com /ABW]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Jakarta harus menjadi rumah untuk semua, bukan sebagian, semuanya berhak atas kesempatan setara di Jakarta.

Alhamdulillah, hari ini tepat empat tahun kami diamanati memimpin Jakarta, Pemprov DKI Jakarta menghadirkan kesetaraan itu dengan mengeluarkan 68 surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Kawasan di Kampung Prioritas.

Pagi tadi secara simbolis memberikan IMB Kawasan kepada 17 perwakilan penerima manfaat dalam acara Peresmian Infrastruktur Kampung Tanah Merah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara.

IMB Kawasan yang Ibu/Bapak terima ini merupakan yang pertama di Indonesia. Bukan untuk satu bangunan, IMB diperuntukkan satu kawasan seperti dalam satu Rukun Tetangga (RT) di bawah naungan koperasi. Ini juga merupakan jalan tengah yang Pemprov DKI ambil untuk menyelesaikan masalah bangunan yang status legalnya belum tuntas, tapi faktanya warga sudah hidup puluhan tahun di sini. Mereka butuh pelayanan listrik dan air dengan benar, dan untuk itu harus ada IMB.

Kita ingin mewujudkan keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia, itulah tujuan kita merdeka.

Warga kampung boleh saja hidupnya secara ekonomi masih sederhana tetapi fasilitas dasar dari pemerintah harus bisa menjangkau semua.

Tadi juga berkeliling memeriksa kelayakan berbagai infrastuktur baru di Kampung Tanah Merah, antara lain; 3,1 kilometer betonisasi jalan lingkungan, sistem drainase U-ditch beton, septic tank komunal, 6 (enam) gapura, pipa air bersih PAM Jaya untuk 1.100 pelanggan, hingga taman vertikal telah dibangun melalui program Community Action Plan (CAP) dan Collaborative Implementation Program (CIP).

Dari Tanah Merah kita kirimkan pesan bagi semua, di kota Jakarta kini hidup lebih baik. Pemerintah memiliki tanggung jawab, bertugas untuk mencari jalan keluar ketika kebutuhan dan peraturan tidak ketemu. Tentu butuh waktu, tetapi proses itu ditunjukkan dengan komitmen nyata yang dirasakan hasilnya hari ini. Harapannya terobosan baik seperti ini bisa dilaksanakan di semua tempat yg saat ini belum tuntas.

Kepada teman-teman warga kampung Tanah Merah harap selalu menjaga lingkungannya tetap bersih, rapi, dan sehat. Hal ini juga termasuk segala aktivitas kehidupan kampung yang harus dijaga kebersamaan, interaksi, dan gotong royong sesama warga lainnya.

Kumuhnya sudah hilang, tapi kampungnya harus tetap hidup.

Anies Baswedan
Gubernur DKI

BEKASI TOP