Bekasi Online

Ketua DPRD Kota Bekasi: Camat dan Lurah Harus Terbuka Data Warga Miskin

Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairoman Joewono Putro. [POSBEKASI.COM/Dokumentasi Chairoman Joewono Putro]
POSBEKASI.COM | BEKASI – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi, Chairoman Joewono Putro menegaskan, ada kesan Pemkot tidak terbuka terkait data orang miskin di setiap wilayah Kota Bekasi.

Pernyataan tersebut disampaikan Chairoman, menyikapi temuan kasus seorang bayi usia dua tahun meninggal dalam gendongan ibunya saat dibawa mengemis di kawasan Bantar Gebang, Kota Bekasi.

“Terus terang saja, seringkali pejabat terkait, seperti lurah atau camat, enggak mau terbuka ketika mereka menyampaikan apa adanya data tersebut. Mereka merasa seperti aib, tidak terbuka (soal data jumlah orang miskin),” kata Chairoman dikutip dari laman Dakta.com, Rabu (2/12/2020).

Karena itu, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang masuk ke Dinas Sosial pun tak maksimal sehingga bantuan kepada masyarakat miskin tidak merata atau tidak tepat sasaran.

Mereka yang tidak dapat bantuan, lanjut Chairoman, dipastikan kesulitan mencari nafkah dan mau tidak mau terlantar di jalanan.

Karena itu, Chairoman menekankan betapa pentingnya keterbukaan data tersebut agar masyarakat miskin bisa mendapatkan bantuan dan fasiltas kesehatan.[Dakta]

BEKASI TOP