posbekasi.com

KPK Budidaya Lele Sangkuriang Ditengah Pandemi

Kelompok Pokdakan Kemang (KPK) budidaya ikan lele sangkuriang terbuat dari kolam terpal menambah penghasilan warga di RT03/RW12 Kelurahan Jati Cempaka, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Senin (16/11/2020).[POSBEKASI.COM/IST]
POSBEKASI.COM | BEKASI – Sekretaris Kelurahan Jati Cempaka, Ridwan bersama Kasi Kessos Aswin dan jajarannya mengunjungi budidaya ikan di RT03/RW12 Kelurahan Jati Cempaka, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi, Senin (16/11/2020).

Budidaya ikan oleh KPK (Kelompok Pokdakan Kemang) merupakan salah satu upaya warga menambah penghasilan di tengah pandemi yang melanda.

Ketua RT, Nurali mengakui bahwa Budidaya ikan ini dimulai dengan inisiatif warga menggunakan lahan kosong untuk budidaya ikan.

“Pertamanya kami beternak beberapa ikan namun baru kemarin kami mendapatkan benih ikan lele sangkuriang ini bantuan indukan lele dari Sukabumi serta bantuan pakan ternak sebanyak 15 kg dari Bogor,” ungkap Nurali.

Menurut, Nurali kolam sederhana menggunakan terpal memiliki beberapa kelebihan dibandingkan kolam lainnya seperti kekuatan 3 – 4 tahun, harga terjangkau, bongkar pasang mudah, hingga lebih indah dipandang karena mempunyai berbagai varian warna.

Sekedar informasi, keunggulan varietas sangkuriang dibandingkan lele lainnya yaitu kemampuan bertelur yang lebih banyak, mortalitas tinggi, kanibalisme menurun, dan food convertion ratio menurun.

Selain itu, ada beberapa ikan lain seperti Ikan yang diternak ikan gurame dan ikan Nila dengan jumlah kolam mencapai 15 Kolam.

Ridwan berencana agar usaha ini akan di kerjasamakan dengan maggot untuk pakan ikan lele sehingga usaha ini bisa terus berkembang dan bermanfaat untuk warga banyak.[ISH]

BEKASI TOP