posbekasi.com

Wanita Bekasi Kreatif Kunjungi Situ Rawa Gede Kota Bekasi

Kunjungan Komunitas Wanita Bekasi Keren ke Situ Rawa Gede, Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Senin (26/10/2020).[POSBEKASI.COM/IST]
POSBEKASI.COM | BEKASI – Komunitas Wanita Bekasi Keren (WBK) kunjungi Situ Rawa Gede, salah satu destinasi wisata yang berada di wilayah Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Senin (26/10/2020).

Ketua WBK Yuyun Rahayu beserta rombongan memasuki Situ Rawa Gede dan menuju area wisata yang banyak dihiasi tanaman dan sayuran guna melihat langsung tanaman dengan sistem aquaponik yang juga menjadi tempat pemberdayaan SDM bagi warga setempat.

Andre Lansan selaku perwakilan dari Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan (KPPL) menjelaskan bahwa tanaman yang ditanam pada sistem aquaponik ini di berlakukan untuk mengontrol air yang ada di Situ Rawa Gede. Setelah memperlihatkan semua tanaman aquaponik Pak Andre memperlihatkan semua pelaku UKM yang terdapat di Situ Rawa Gede. Terdapat kurang lebih 10 UKM yang terdapat di Situ Rawa Gede seperti warung-warung kecil yang menjual souvenir dan berbagai macam minuman, makanan seperti mie ayam, bakso, nasi goreng, dan sebagainya.

Rombongan WBK diajak menaiki kapal rakitan yang ada di Situ Rawa Gede untuk lebih menikmati keindahan Situ sambil berbincang mengenai asal usul wisata Situ Rawa Gede dengan Ketua Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan (KPPL) Bojong Menteng, Krisdayadi.

Krisdayadi memperkenalkan diri kepada semua rombongan komunitas WBK “Saya ucapkan terima kasih banyak sudah berkunjung ke Situ Rawa Gede,” ujarnya sambil memperlihatkan view pemandangan danau.

Sebelumnya Yuyun telah menyampaikan maksud kedatangannya ke Situ Rawa Gede yakni untuk meninjau pengelolaan tempat wisata tersebut. “Kami dari WBK ingin meninjau bagaimana pengelolaan Situ Rawa Gede,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Krisdayadi menyampaikan awal mula rawa tersebut memang sudah ada untuk warga sekitar selain untuk peresapan air dan juga untuk bercocok tanam seperti menanam padi dan berternak. Banyak sekali orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situ untuk membuang limbah industri dan akhirnya dikelola dan diperbaiki oleh Pemerintah setempat bersama dengan Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan, karena permintaan warga akhirnya Situ Rawa Gede ini ditata menjadi tempat wisata alam menengah ke bawah.

Kunjungan Komunitas WBK diharapkan dapat membantu mempromosikan serta mengembangkan tempat wisata ini agar lebih dikenal masyarakat luas di seluruh Indonesia.

Kunjungan tersebut di akhiri dengan foto di atas kapal dan area spot selfie yang disediakan pengelola.[ISH]

BEKASI TOP