Posbekasi.com

Analisa Dampak Lalu Lintas

Petugas Polantas saat banjir di Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020).[POSBEKASI.COM/TMC Polda Metro Jaya]
POSBEKASI.COM | JAKARTA – Analisa dampak lalu lintas merupakan pemikiran dari pemangku kepentingan di dalam memberikan rekomendasi atau pertimbangan – pertimbangan atas pembangunan, perbaikan suatu kawasan yang berkaitan dengan lalu lintas.

Lalu lintas sebagai urat nadi kehidupan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran menjadi standar untuk dipikirkan dan diwujudkan setidaknya untuk 10 – 20 tahun ke depan.

Tatkala terabaikan dapat berdampak terjadinya perlambatan, kecelakaan ketidakteraturan bahkan secara fisik maupun sosial pun menjadi tidak layak.

Di era digital sekarang ini, dalam menganalisa dampak lalu lintas dapat dibuat model-model elektronik sistem 3D atau 4D untuk menunjukkan problematika dan solusi di bidang road safety pada kawasan yang diteliti. Acuan atau landasan road safety setidaknya mengacu manajemen kebutuhan, manajemen kapasitas, manajemen prioritas, manajemen kecepatan dan manajemen emerjensi atau kegawatdaruratan.

Proses pembangunan ataupun perbaikan atau perluasan atau penataan suatu kawasan pertimbangan – pertimbangan dampak lalu lintas menjadi sangat penting dan mendasar, setidaknya ada beberapa point yang menjadi kajian sebagai berikut:

1. Pertimbangan alam lingkungan atau secara ekologis
2. Pertimbangan perkembangan setidaknya 10 – 20 tahun ke depan
3. Pertimbangan sosiologis juga melihat corak masyarakat dan kebudayaannya
4. Membuat model tata kota untuk menuju smart city
5. Penerapan standar-standar road safety yaitu lalu lintas yang aman selamat tertib lancar
6. Perencanaan standar – standar fisik infrastruktur bangunan
7. Pemuatan kearifan lokal untuk menunjukkan karakter daerah
8. Dampak laju pertumbuhan ekonomi
9. Aspek emergency atau quick reponse timenya, dan sebagainya.

Masih banyak hal lain yang dapat dikembangkan dalam menganalisa dampak lalu lintas. Sistem-sistem pemetaan wilayah atau lokasi, pemetaan aktifitas sosial kemasyarakatan dan sebagainya dapat menjadi pola atau model yang saling terkait sehingga menjadi satu kajian utuh dalam berbagai pendekatan.

Analisa dampak lalu lintas merupakan model untuk memberikan gambaran lalu lintas dengan berbagai pendekatan permasalahan dan solusinya.

Dengan demikian algoritma road safety dalam kawasan terbatas dapat digambarkan sebagai model prediksi antisipasi dan solusinya dalam menuju pembangunan smart city.***

 

[Brigadir Jenderal Chryshnanda Dwilaksana – Direktur Keselamatan dan Keamanan Korlantas Polri]

BEKASI TOP