Polisi Culik WNA Inggris Minta Tenbusan USD 1 Juta

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono.[DOK]

POSBEKASI.COM | JAKARTA –  Empat dari enam polisi ditangkap terkait kasus dugaan penculikan dan pemerasan Warga Negara Asing (WNA) asal Inggris bernama Matthew Simon Craib.

Penangkapan keempat anggota polisi yang meminta uang tembusan USD 1 juta berdasarkan laporan polisi yang dibuat rekan korban, Vitri Lugvuanty teregister dalam nomor laporan LP/7002/X/2019/PMJ/Dit. Reskrimum, tanggal 31 Oktober 2019.

“Pada 29 Oktober 2019, korban Matthew Simon Craib memberitahukan kepada pelapor jika yang bersangkutan akan bertemu dengan seseorang untuk urusan pekerjaan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Senin (4/11/2019).

Menurut Argo, pada 30 Oktober Craib sempat mengabari Vitri sedang dalam perjalanan pulang sekitar pukul 02.00 WIB. Namun, Vitri mengaku bahwa Craib tidak kunjung datang.

Selanjutnya, Vitri memperoleh kabar bahwa Craib diculik enam orang, di mana empat diantaranya disebutkan sebagai anggota Polri.

“Korban diculik oleh orang yang tidak dikenal dan melibatkan oknum anggota Polri dengan meminta tembusan uang sebesar USD 1 juta,” kata Argo seperti dilansir Transindonesia.co.

Argo menerangkan hingga kini enam orang terduga pelaku penculikan tersebut masih menjalani pemeriksaan secara intensif di Mapolda Metro Jaya. Pemeriksaan itu dilakukan untuk mengungkap peran masing-masing terduga dalam kasus penculikan itu.

Pasal yang disangkakan dalam laporan itu adalah Pasal 328 KUHP dan atau Pasal 333 KUHP dan atau Pasal 368 KUHP tentang Tindak Pidana Penculikan dan atau Merampas Kemerdekaan Seseorang dan atau Pemerasan.[COK]

Pin It

Comments are closed.