Sungai, Situ dan Air Tanah di Jabar Perlu Pengawasan Ketat

Komisi IV DPRD Jabar konsultasi ke Dirjen SDA Kementerian PUPR terkait permasalahan Kali Malang serta situ situ di wilayah Bodebek, Kamis (31/10/2019). [POSBEKASI.COM/IST]

POSBEKASI.COM | BANDUNG – Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Imam Budi Hartono, mengatakan rapat dengan Ditjen SDA Kementerian PUPR mempertanyakan proyek strategis yang ada di Jawa Barat.

Dimana di dalamnya ada sungai serta situ-situ dan yang berhubungan dengan air tanah.

“Kita tahu bahwa kebanyakan sungai, situ, serta laut itu merupakan kewenangan pemerintah pusat. Sementara di Provinsi Jawa Barat ada beberapa proyek strategis yang ternyata izinnya dari beberapa proyek belum ada sementara pekerjaan sudah dilakukan,” kata Imam saat konsultasi ke Dirjen SDA Kementerian PUPR terkait permasalahan Kali Malang serta situ situ di wilayah Bodebek Provinsi Jawa Barat, Kamis (31/10/2019).

Imam mengatakan DPRD Provinsi Jawa Barat melalui Komisi IV berharap izin dari proyek segera dikeluarkan dan pengerjaan dilapangan bisa ditunda terlebih dahulu sebelum ada izin.
“Pengamanan aset ini merupakan pekerjaan yang berat baik itu kewenangan kota/kabupaten, provinsi maupun pusat, untuk itu komisi IV berharap aset aset yang dibawahi oleh Ditjen SDA ini segera diamankan baik itu situ maupun rawa,” ungkapnya.

Dikatakannya, ke depannya Komisi IV menghimbau kepada dinas terkait dalam hal ini dinas sumber daya air untuk bersama melakukan pengawasan terkait izin-izin yang ada di provinsi, serta harus adanya koordinasi antara legislatif bersama eksekutif agar terjadinya kerjasama dan menghindari misskomunikasi.

Seperti contoh, pada saat ground breaking normalisasi Kali Malang di Kota dan Kabupaten Bekasi, DPRD tidak mendapat undangan dari eksekutif, dan setelah diselidiki ternyata belum ada izin untuk proses pengerjaan normalisasi Kalimalang.

“Tindak lanjut dari permasalahan Kali Malang, Komisi IV akan langsung melakukan pemantauan lapangan dan serta ke depannya meminta Dirjen SDA untuk mengeluarkan surat proyek strategis yang ada di Jawa Barat terkait sungai, situ, serta air tanah yang nantinya akan dilakukan pengawasan terkait perizinan,” katanya.[POB]

Pin It

Comments are closed.