Kapolda Metro Luncurkan 3 Mobil SKCK Onlie

Mobil online keliling surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).[COK]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafrudin, luncurkan tiga mobil online keliling surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), di Mapolda Metro Jaya, Rabu (21/8/2019).

“Hari ini kita launching SKCK online untuk mobil kelilingnya. Ada tiga mobil nanti bisa melayani masyarakat,” ujar Gatot didampingi Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat yang dihadiri Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai, dan perwakilan Bank Mandiri.

Menurut Gatot, ketiga mobil tersebut akan dikoordinasikan oleh tiga Polres, yakni Polres Tanjung Priok, Polres Bekasi dan Polres Tangerang Kota.

“Wilayah-wilayah operasi mobil SKCK online keliling itu akan ditentukan oleh masing-masing Kapolres dari tiga Polres yang telah ditetapkan tersebut. Tentu ke depan kita akan menambah jumlah ini. Sehingga bisa memberikan pendekatan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Direktur Intelkam Polda Metro Jaya, Kombes Pol Umar Effendi mengatakan kalau SKCK itu dibuat dengan menggunakan web base aplikasi.  Adanya web base ini maka dapat mempercepat dan mempermudah proses pembuatan SKCK memberikan data aktual terkait rekam jejak secara cepat, serta memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan bagi kepolisian.

“Yang paling penting SKCK ini ada validasi data catatan kriminal. Bisa mempermudah proses validasi terhadap pemohon SKCK dan dapat termonitoring di seluruh jajaran Polri secara nasional,” kata Umar.

Umar menyatakan SKCK itu sangat diperlukan oleh masyarakat. Sehingga pelayanan dalam pengurusan SKCK memang perlu dioptimalkan.

“Mereka meminta SKCK kepada WNI apakah saat bekerja atau belajar, walaupun biayanya Rp60 ribu tapi selembar ini sangat penting. Maka, itu kami selalu mengoptimalkan pelayanan ini,” ucapnya.[COK/POB]

Pin It

Comments are closed.