Polres Purwakarta Siapkan Pengaturan Jalan Arteri Selama Arus Mudik

Tol Jakarta Cikampek menuju Cipularang Purbaleunyi dan Tol Cipali arah ke Jawa.[DOK]

POSBEKASI.COM | PURWAKARTA – Polres Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyiapkan pengaturan arus lalu lintas di jalan arteri menyusul rencana penerapan sistem satu arah atau “one way” pada arus mudik lebaran 2019.

“Rencananya pada arus mudik nanti, jalan tol yang mengarah ke Jawa akan diberlakukan satu arah,” kata Kapolres setempat AKBP Matrius di Purwakarta, Sabtu (18/5/2019).

Ia mengatakan, dengan diterapkannya sistem one way di jalan Tol Jakarta-Cikampek serta di jalan Tol Cipali hanya untuk arah ke Jawa. Maka perlu dilakukan rekayasa lalu lintas pada arus mudik nanti.

Jadi nantinya kendaraan dari arah sebaliknya atau dari arah Jawa menuju Jakarta, akan dialihkan ke jalan arteri Kabupaten Karawang hingga wilayah Bekasi. Itu khusus untuk kendaraan yang melintasi jalur Pantura.

Sedangkan bagi pengendara dari arah Jawa menuju Jakarta yang menggunakan jalur tengah (Sadang-Subang), nantinya akan diarahkan ke jalur Purwakarta-Bandung-Padalarang. Selanjutnya masuk ke jalur Cianjur-Bogor.

Kapolres menyampaikan, jalur mudik di wilayah Purwakarta pada musim lebaran tahun ini diprediksi akan dipadati kendaraan pemudik.

Sebab pada musim mudik lebaran tahun ini, akan terapkan sistem one way di jalan Tol Jakarta-Cikampek dan jalan Tol Cipali khusus jalur dari arah Jakarta menuju Jawa.

Ditambah lagi dengan rencana pengaktifan gerbang tol baru yang merupakan peralihan dari gerbang Tol Cikarang Utama di wilayah Purwakarta, arus lalu lintas di wilayah Purwakarta akan semakin padat.[ANT]

Pin It

Comments are closed.