posbekasi.com

Jembatan Caman Senilai Rp46,4 M Resmi Dilalui Masyarakat

Walikota Bekasi Rahmat Effendi saat meresmikan Jembatan Caman, Selasa 18 Desember 2018. [IST]
 POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Walikota Bekasi Rahmat Effendi meresmikan Jembatan Caman. Jembatan sepanjang 75 meter dengan lebar 10,5 meter itu dibangun menggunakan dana APBD senilai Rp46,4 miliar dikerjakan selama 2 tahun.

Hadir Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto serta rombongan dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Pj.Sekda Kota Bekasi, Widodo Indrijantoro, Kepala BKPPD, Reny Hendrawaty dan segenap ASN lingkup Pemerintah Kota Bekasi.

Rahmat Effendi mengatakan pembangunan jembatan layang tersebut untuk mengurai kemacetan di daerah simpang lima Caman Kota Bekasi. Sebab, di jalur macet itu, ada penyempitan jalur tepat berada di jembatan. Petugas Dinas Perhubungan dan polisi lalu lintas, kata Wali Kota Bekasi, kerap merasakan kewalahan di jam-jam sibuk.

“Sekarang kemacetan sudah terurai, ini merupakan hasil dari sebuah proses pembangunan,” katanya saat meresmikan penggunaan Jembatan Caman, Selasa 18 Desember 2018.

Rahmat Effendi sangat optimistis operasional proyek infrastruktur duplikasi Jembatan Layang Jalan Caman, Kecamatan Pondok Gede, dapat meminimalisasi titik kemacetan yang ada di Kota Bekasi. “Minimal dari 19 titik kemacetan yang saat ini ada di Kota Bekasi, bisa hilang dengan operasional duplikasi jembatan ini, sebelumnya ada jembatan Jatiwaringin, juga sudah beroperasi,” ujarnya.

Dijelaskannya, dari DBMSDA ada 6 sisi penerangan Jalan Umum sisi oprit selatan dan di bantu dengan lampu high mast untuk mengakomodir simpang 5 Caman, Panjang jembatan utama 80 m

Kontruksi jembatan lantai jembatan beton dengan perkerasan lentur di finishingnya dengan panjang oprit selatan 90m. Kontruksi menggunakan dinding multi blok dengan finishing perkerasan atas menggunakan aspal, Kelengkapan jembatan utama

Selain itu, terdapat security fence dan rilling untuk melindungi pejalan kaki di trotoar dan tol. Panjang pelebaran sekitar 52m, Untuk sisi barat menggunakan kontruksi perkerasan lentur (aspal) dengan lebar variasi, dikatakan untuk panjang kontruksi hampir sampai 130m dan Pelebaran sisi Utara jembatan menggunakan kontruksi kaku dengan panjang 82 m lebar 3,5 m.[ISH/POB]

BEKASI TOP