Bekasi Online

Walikota Bekasi Optimis Raih Adipura 2017

Walikota Bekasi Rahmat Effendi.[ISH]
Walikota Bekasi Rahmat Effendi.[ISH]
POSBEKASI.COM – Untuk peraihan Adipura tahun 2016-2017, Kota Bekasi optimis raih Adipura dan menghadapi penilian P1 pada Oktober 2016 guna pencapai target penilaian Walikota Bekasi Rahmat Effendy mengumpulkan elemen masyarakat.

Walikota Bekasi Rahmat Effendy menegaskan, bahwa perolehan piala Adipura yang diharapkan Kota Bekasi dimulai dari bentuk perubahan budaya masyarakat terhadap kepedulian lingkungannya.

Pasalnya, untuk pencapaian piala Adipura sudah membaik dengan capaian poin 70, 5 yang didapat Pemko Bekasi pada penilaian Adipura 2015-2016 kemarin.

“Alhamdulillah, optimisme kita untuk meraih piala Adipura dapat dilihat dari poin-poin penialan di tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2014-2015, kita tahu, bahwa Kota Bekasi hanya mendapat penilaian 64 poin, yang jauh dari standar penilaian. Tahun 2015-2016 kemarin kita mendapat sertifikat Adipura dengan perolehan poin 70,5 poin,” kata Walikota dihadapan seluruh elemen masyarakat, Kepala SKPD, Lurah, serta Ketua Kadin Kota Bekasi, di Balai Patriot, Senin 26 September 2016.

Bekumpulnya sejumlah elemen masyarakat itu dalam rangka evaluasi Adipura 2016 dan pencapaian Adipuara 2017.

Menurutnya, Kota Bekasi bisa mendapat Adipura pada tahun mendatang dari aspek lingkungan yang asri, diantaranya pengelolaan limbah sampah di pemukiman warga, kebersihan terminal, pengelolaan limbah Rumah Sakit, dan Pasar Tradisional yang dimiliki Kota Bekasi.

“Pastinya, keberhasilan untuk mencapai piala Adipura itu dilihat dari indikator persoalan sampahnya. Saat ini Kota Bekasi sudah memiliki puluhan truck pengangkut sampah, cuma memang kita kekurangan lahan untuk pembuangannya, kita tahu bahwa setiap hari  lebih kurang ada 1700 ton sampah dari masyarakat Kota Bekasi yang di hasilkan, sedangkan lahan kita terbatas,” ungkap Rahmat Effendi.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi dihadapan elemen masyarakat dan jajaran Pemko Bekasi optimis Kota Bekasi meraih Adipura 2017.[ISH]
Walikota Bekasi Rahmat Effendi dihadapan elemen masyarakat dan jajaran Pemko Bekasi optimis Kota Bekasi meraih Adipura 2017.[ISH]
Kepada masyarakat, Walikota menghimbau agar dapat memanfaatkan limbah-limbah sampah di lingkungannya untuk di composting ulang hingga membantu pengurangan sampah yang di buang ke TPA Sumur Batu milik Kota Bekasi.

Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi, Sopandi Budiman, mengatakan  jika ingin meraih piala Adipura dan melewati tahapan penialan P1 di bulan Oktober, Kota Bekasi harus mencapai 73 poin.

“Penialaian Adipura Kota Bekasi akan memasuki penialaian P1 pada Oktober mendatang, dan P2 pada bulan Maret 2017 dengan raihan penilaian 75 poin. Bobot penialaian itu dilihat dari indikator pengelolaan sampah, penghijauannya, sarana umumnya, dan pasar,” kata Sopandi.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh staf ahli Walikota Bidang Pembangunan Kota Bekasi, M Ridwan, bahwa rancangan Pemkot dalam mencapai target penilaian P1 ini dilihat dari data base yang dimiliki oleh beberapa SKPD, sebagai leading sektor dari perolehan piala Adipura, yakni Dinas Kebersihan dan BPLH Kota Bekasi.

“Dari data base yang ada itu kita gunakan untuk pencapain kita terhadap proses yang baik, untuk meraih piala Adipura  yang bermartabat. P1 itu harus mencapai 73 poin. Sedangkan P2nya itu, istilahnya menurut saya, seperti menginjak bumi, yaitu leading sector yang bergerak bersama-sama dengan SKPD lainnya, juga masyarakat,” tukas Ridwan usai rapat evaluasi.

Menurutnya, rapat evaluasi ini untuk melihat kesiapan masyarakat dalam membantu Pemkot mencapai perolehan piala Adipura.

“Masyarkat kita sudah bergerak, walau belum keseluruhannya. Untuk itu semua elemen diharapkan bergerak bersama Pemko dalam meraih Piala Adipura,’ katanya.[ISH]

BEKASI TOP