Bekasi Online

Cellica Alihkan Pelayanan Pembuatan Kartu Kuning

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.[IST]
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.[IST]
POSBEKASI.COM – Pemerintah Kabupaten Karawang, memindahkan pelayanan pembuatan kartu kuning bagi para pencari kerja ke kantor kecamatan.

“Mulai pekan depan, pembuatan kartu kuning akan saya alihkan ke kantor kecamatan, tidak di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi lagi. Jadi pihak Disnakertrans Karawang harus segera memproses pemindahan pelayanan itu,” kata Bupati setempat Cellica Nurrachadiana di Karawang, kemaren.

Pemindahan pelayanan pembuatan kartu kuning untuk para pencari kerja itu dilakukan untuk mengatasi banyaknya permohonan pembuatan kartu kuning di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang.

Selain itu juga untuk mengatasi maraknya percaloan penerimaan tenaga kerja atau pungutan liar yang dikabarkan sering terjadi di lingkungan kantor Disnakertrans setempat.

Di antara tujuan pemindahan pelayanan pembuatan kartu kuning ke kantor-kantor kecamatan ialah untuk mencegah terjadinya pungutan liar atau percaloan penerimaan tenaga kerja.

Atas hal tersebut, dia mengingatkan agar nantinya para pegawai negeri sipil di kantor kecamatan jangan melakukan pungutan liar pembuatan kartu kuning. “Jika proses pembuatan kartu kuning di kantor kecamatan tetap terjadi pungutan liar, silakan laporkan, maka akan saya tindak secara tegas,” kata Cellica.

Sementara itu, selama beberapa bulan ke depan, tersiar kabar maraknya percaloan dalam proses penerimaan tenaga kerja di perusahaan-perusahaan yang melalui Disnakertrans Karawang.

Selain melibatkan kalangan pegawai negeri sipil, aksi percaloan itu juga melibatkan oknum karang taruna dan lembaga swadaya masyarakat.

Untuk memuluskan proses penerimaan tenaga kerja melalui calo tersebut, pencari kerja harus mengeluarkan “uang pelicin” terlebih dahulu.

Selain itu, ada pula perjanjian antara pencari kerja dengan calo, untuk memotong gaji jika pencari kerja itu diterima bekerja di perusahaan tertentu.[ANT/SYA]

BEKASI TOP