Bekasi Online

Ratusan Rumah di Narogong Banjir, BPBD Sebut Hanya Genangan

Banjir melanda Perumahan Naronggong Indah.[DOK]
Banjir melanda Perumahan Naronggong Indah.[DOK]
POSBEKASI.COM – Akibat hujan sejak siang hingga sore hari, Perumahan Naronggong Indah, Rawa Lumbu, terendam banjir mencapai 1 meter pada Minggu (8/5/2016).

Banjir mulai dari depan pintu masuk perumahan meluas hingga keperumahan warga itu meluap dari saluran air yang tidak dapat menmapung debit air hingg tumpah ke jalan.

Macetpun tak dapat dihindari, antrian kenderaan sepanjang jalan menuju ke perumahan yang kerap dilanda banjir.

Sayangnya, sampai kini tidak ada upaya Pemko Bekasi untuk mengatasi banjir tersebut. Justru Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, menyatakan itu bukan banjir tapi hanya genangan akibat luapan saluran air ke sejumlah jalan dan rumah warga.

“Hal yang membedakan genangan dengan banjir adalah lama surutnya. Kalau air itu surutnya lama namanya banjir, tapi kalau hanya beberapa jam saja air sudah surut itu namanya genangan,” kata Koordinator Satuan Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi Ahmad Dimyati di Bekasi.

Dia mengatakan, banjir di lokasi itu dikarenakan adanya sumbatan pada saluran air, sehingga selang beberapa jam kemudian genangan bisa surut dengan sendirinya.

“Kalau genangan, biasanya dalam beberapa jam pun surut, begitu saluran airnya mengalir lancar kembali,” katanya.

Karena dinilai hanya genangana, BPBD tidak melakukan evakuasi warga sekitar yang terkena dampak luapan air saluran itu.[BES]

BEKASI TOP