Jawa Barat Berpotensi Lebih Maju dengan Bangun Wilayah Kabupaten dan Kota

Penulis Pengamat Kamnas

POSBEKASI.COM – Provinsi Jawa Barat salaah satu pusat pertumbuhan dan pengalokasian anggaran pembangunan yang cukup besr pada bidang-bidang tetentu sesuai keadaan dan kondisi yang dimiliki.

Sinergitas pembangunan daerah dalam pengembangan urusan pilihan unggulan, pemerintah daerah perlu menetapkan atau mengklaster wilayah-wilayah kecil dibawahnya menjadi pusat pertumbuhan guna memudahkan pengalokasian anggaran pembangunan terutama pada bidang-bidang tertentu sesuai keadaan dan kondisi yang dimiliki.

Hal ini dapat di lihat pada rencana pembagian wilayah tersebut, dan hubungannya dengan instansi pemerintah yang ada di atasnya.

Misalnya, Provinsi Jawa Barat ada beberapa wilayah yang sangat cocok mengembangkan bidang perindusterian seperti Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung.

KLIK : Bersumpah! Ini Hukum Sumpah Palsu

Dalam hal pengembangan perdagangan, tentunya dapat berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan adalah Kota Bekasi, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya dan Kota Cirebon.

Untuk dapat mengembangkan kawasan tertentu yang cocok dengan bidang pertanian adalah Kabupaten Subang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Tasikmalaya.

Hal ini hanya menjadi salah satu contoh bagaimana suatu daerah dapat diklasterkan menurut bidang-bidang sesuai kondisi wilayah, dan tingkat dukungan sarana prasarana yang ada agar pemerataan pembangunan dapat terwujud menuju Indonesia yang lebih baik.[[]

Penulis: Lamimi Adam – Pengamat Kamnas

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *