Polda Metro Tidak Sita SIM dan STNK Pelanggar Lalin Terekam CCTV

Tilang CCTV di Jalan MH Tahmrin.[IST]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, mengatakan setelah uji coba atau diberlakukanya Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE), polisi tidak akan menyita SIM atau STNK milik pelanggar.

“Kita lebih mewajibkan membayar tilang melalui bank bagi pelangggaar, jadi tidak ada penyitaan SIM maupun STNK,” kata Kombes Yusuf, Minggu 30 September 2018.

Meski tidak ada penyita SIM atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), bagi pelanggar yang tidak membayar denda tilang dalam tempo tujuh maka kendaraannya akan diblokir.

Pelanggar lalu lintas E-TLE atau CCTV ini akan terekam secara otomatis ter-capture. Capture tersebut akan diprint out di back office TMC Polda Metro Jaya. Setelh itu diverifikasi lagi, foto-foto ini masuk dalam kategori pelanggaran lalin atau tidak.

“Kalau memenuhi pelanggaraan, dikeluarkan konfirmasi kepada nomor polisi sesuai dengan alamat pemilik dari STNK,” terangnya.

Untuk konfirmasi ke pemilik kenderaan lanjut Kombes Yusuf, ada respons yang bersangkutan benar melakukan pelanggaran, maka hari itu juga langsung dikirim surat tilang melalui kantor pos.

“Karena pelanggaran itu tertangkap secara elektronik, maka tidak ada lagi menyita SIM atau STNK,” ungkapnya.[ZUL/COK]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *