DPRD Jabar: Tiga Hal Penting Harus Dilaksanakan 154 Kades Kabupaten Bekasi

Ketua Komisi I DPRD Jabar Syahrir saat menghadiri pelantikan serentak 154 kades oleh Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, Jumat 28 September 2018.[IST]

POSBEKASI.COM | KABUPATEN BEKASI – Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat, H.Syahrir,SE, berharap 154 kepala desa (kades) yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dan fungsinya terutama memegang teguh amanah warga serta janji-janjinya saat kampanye.

Menurut Syahrir, ada tiga hal penting yang harus dijalankan dan dilaksanakan dalam kepemimpin kades yakni pertama, harus segera menjalankan amanah sebagai kades dan bisa memberikan kinerja yang baik dengan anggaran desa baik dari APBN, APBD dan bantuan Provinsi Jawa Barat.

“Terutama soal anggaran, ini harus dilaksanakan dengan skala prioritas, seperti rencana pembangunan dengan memberi keadilan dan kemakmuran bagi warganya dan menciptakan peningkatan fasilitas-fasilitas berupa pembangunan, kesehatan, pendidikan, dan menciptakakan potensi-potensi lokal yang bertujuan meningkatan perekonomian dengan pembinaan badan usaha milik desa (bungdes), maupun lainnya,” kata Syahrir dalam keterangan persnya, Sabtu 29 September 2018.

Kedua lanjut politisi Partai Gerindra Jabar ini, kades yang terpilih dan dilantik harus mampu merangkul semua element masyarakat untuk bersama-sama membangunan desanya.

KLIK : Lantik 154 Kades, Neneng Minta Masyarakat Kritis Dan Berpartisipasi Bangun Desa

“Rangkul semua lawan atau rival calon kades yang tidak terpilih, rekrut semua elemen masyarakat untuk turut membangun desa,” terang Syahrir yang di Parlemen mengetuai Bidang Pemerintahan, meliputi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban, Kependudukan, Penerangan dan Pers, Hukum Perundang-undangan dan Hak Asasi Manusia, Kepegawaian, Aparatur dan Penanganan KKN, Perijinan, Partai Politik dan Organisasi Kemasyarakatan, Pertanahan, Kekayaan Daerah, Telematika, Kerjasama dan Penyelesaian Perselisihan, Polisi Pamong Praja, Pendidikan dan Pelatihan Aparatur serta Perlindungan Konsumen.

Sedangkan ketiga kata Calon Legislatif DPRD Jabar daerah pemilihan Kabupaten Bekasi nomor urut 1, diharapkan para kades netral dalam pesta politik 2019 baik pada Pileg maupun Pilpres nanti.

“Ini penting, para kades harus netral dalam Pileg dan Pilpres nanti, agar ajang pesta demokrasi ini bisa berjalan baik, jujur dan adil,” tambah Syahrir.

Sebelumnya, Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin melantik 154 kades hasil Pilkdes serentak 2018, memerintahkan setiap kedes memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat di desa masing-masing karena sempat terkotak-kotak selama proses tahapan Pilkades.

“Kepala desa harus bersikap jujur, adil, dan amanah dalam menjalankan fungsi maupun program kerjanya, juga harus menyadari pentingnya semangat persatuan dan kesatuan,” kata Neneng saat melantik 154 kades, Jumat 28 September 2019.[ZEN/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.