6 Fakta Menarik di Balik Sejarah Perhelatan Asian Games

The Statistics Fakta Sejarah Asian Games dalam Angka.[bola]

JAKARTA | POSBEKASI.COM – Perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang bakal dimulai dalam hitungan hari. Pesta pembukaan bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada 18 Agustus 2018.

Sebanyak 45 negara telah memastikan bakal berpartisipasi. Jumlah negara peserta Asian Games memang maksimal hanya 45, tepatnya sejak 1974. Sebelumnya, negara yang berpartisipasi bisa mencapai 46 negara.

Tepat sebulan sebelum pembukaan Asian Games, prosesi dimulai dengan kirab api obor yang melewati 35 kabupaten/kota di Indonesia. Kirab dimulai di Yogyakarta, Kamis (19/7/2018).

Api obor Asian Games yang akan digunakan di Indonesia berasal dari New Delhi, India dan Mrapen (Grobogan). Api diambil dari India karena Asian Games edisi pertama digelar di negara tersebut pada 1951.

KLIK : Go-Jek Liga, Persib vs Barito 2-2

Fakta menarik apa lagi yang menyertai sejarah perhelatan Asian Games 2018? Berikut ini beberapa di antaranya:

45 – Jumlah negara yang berpartisipasi. Awalnya negara peserta berjumlah 46, namun Israel dicoret setelah Asian Games 1974

9 – Jumlah negara yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games, yaitu India, Filipina, Jepang, Indonesia, Thailand, Iran, Korea Selatan, China, dan Qatar.

11 – Jumlah negara peserta pada Asian Games edisi pertama di New Delhi, India, pada 1951.

1982 – Sejak tahun tersebut, Asian Games diselenggarakan oleh Olympic Council of Asia (OCA), setelah melepaskan diri dari Asian Games Federation.

2 – Jumlah negara yang pernah jadi juara Asian Games, yaitu hanya Jepang dan China. Jepang jadi juara umum sebanyak 8 kali, China 9 kali.

2.898 – Jumlah medali yang pernah diraih China sepanjang berpartisipasi di Asian Games. China merupakan pengoleksi medali terbanyak dalam sejarah Asian Games.[bola]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *