Ini Kans Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC U-19

Dua pesepak bola Timnas Indonesia U-19 dan Jepang U-19.[liputan6]

JAKARTA, POSBEKASI.COM – Timnas Indonesia U-19 berada di grup berat babak penyisihan Piala AFC U-19 2018.

Hal itu diketahui dari hasil undian fase grup Piala Asia U-19 2018 yang dilaksanakan di Hotel Fairmont, Senayan, Jumat 18 Mei 2018.

Bertindak sebagai tuan rumah, Timnas U-19 tergabung dalam Grup A. Tim besutan Indra Sjafri itu berada satu grup dengan Uni Emirat Arab, Qatar, dan Taiwan.

Turnamen yang diikuti oleh 16 negara itu akan digelar pada 18 Oktober sampai 4 November 2018 di Indonesia. Tim Merah Putih menyasar target lolos ke semifinal Piala Asia U-19. Target itu dipancang guna masuk ke Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Polandia.

Dari hasil undian tersebut, pengamat sepak bola asal Jawa Timur sekaligus legenda Persebaya, Yusuf Ekodono, menilai langkah Timnas U-19 kali ini sangat berat.

“Di atas kertas, Uni Emirat Arab dan Qatar tidak akan mudah mereka taklukkan. Tapi bukan berarti Taiwan tim lemah. Butuh perjuangan keras bagi anak buah Coach Indra Sjafri untuk bisa melaju ke fase berikutnya, apalagi menembus target semifinal,” katanya.

KLIK : Persib Antisipasi Main Malam selama Ramadhan

Namun, di mata Yusuf tidak ada yang tidak mungkin. Pasalnya, untuk sepak bola kelompok usia perbedaan kualitas antara negera dengan tradisi sepak bola kuat macam UEA dan Qatar tidak berbeda jauh, begitu juga dengan Taiwan.

“Mungkin yang membedakan adalah postur pemainnya yang mungkin setara dengan pemain-pemain Eropa. Kelebihan inilah yang menjadi keuntungan lawan saat menghadapi Timnas U-19,” ujar ayah Fandi Eko Utomo (Persebaya) dan Wahyu Subo Seto (Bhayangkara FC) itu.

Menurutnya, selama mental para pemain Timnas U-19 bagus, serta pola main dan penerapan taktiknya tepat, Yusuf yakin hasil yang dicapai bisa maksimal.

“Dulu ketika Timnas U-19 era Evan Dimas, banyak yang tidak menduga kita bisa juara Piala AFF dan menang dari Korsel. Sekarang saya rasa juga sama, tergantung mental para pemain, karena dari dulu masalah ini yang sulit dikesampingkan,” paparnya.

Di tangan pelatih yang sama, lanjut Yusuf, seharusnya Timnas Indonesia U-19 bisa mengulangi sejarah, atau justru lebih baik dari sebelumnya. Keuntungan sebagai tuan rumah juga diharapkan bisa dimaksimalkan.[bola]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *