Lha KPU Kota Bekasi Bimtek Mulu, Alasan KPPS Tak Kuasai Materi

Komisi Pemilihan Umum

BEKASI, POSBEKASI.COM –  Setelah melakukan simulasi pencoblosan dan pemungutan suara pada Ahad 12 Mei 2018 lalu, ternyata masih banyak anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang belum menguasai materi secara penuh yang ada di buku panduan.

Untuk itu, KPU Kota Bekasi kembali akan melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada anggota KPPS. Demikian disampaikan Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Sosialisasi dan SDM, Nurul Sumarheni.

“Bimtek akan kita berikan dalam waktu dekat ini. Itu kami lakukan karena banyak KPPS yang belum sepenuhnya menguasai materi dan skil teknis di lapangan,” katanya, Kamis 17 Mei 2018.

KLIK : KPU Dongkrak Partisipasi Pemilih

Nurul mengatakan, rencana bimtek tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan teknis para anggota KPPS pada saat pemungutan dan penghitungan, 27 Juni 2018 mendatang.

“Banyak dari mereka yang belum mengerti soal pemilihan formulir C6 berdasarkan jenis kelamin dan disabilitas, hingga penentuan sah atau tidaknya surat suara saat penghitungan,” kata Nurul.

Untuk itu kata Nurul, bimtek nanti diharapkan bisa menjadi kesempatan anggora KPPS untuk mengasah penguasaan teknis pemungutan dan penghitungan suara.

“Pemahaman itu sangat penting agar tidak terjadi kesalahan, karena memang penguasaan teknis yang memadai dapat menjadi faktor kelancara selama proses pemungutan dan penghitungan suara,” tandas Nurul.[REL/ISH/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *