posbekasi.com

KPU Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

SiBeksi

BEKASI, POSBEKASI.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi bakal menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara pada Pilkada serentak 2018.

Rencananya, simulasi digelar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 55 Perumahan Bumi Satria Kencana, Kelurahan Kayuringin, Bekasi Selatan, hri ini Ahad 13 Mei 2018.

Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Sosialisasi dan SDM, Nurul Sumarheni menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meninjau efektifitas waktu pelaksanaan teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS.

“Dari simulasi ini, kita ingin tahu, sebetulnya berapa lama sih seseorang itu ada di bilik suara, kemudian berapa lama menghitung masing-masing hasil, nah yang paling rumit, seberama lama seorang KPPS itu menulis C1 tanpa kesalahan, karena dia harus membuat duplikasi penulisan C1 untuk pilkada Kota 8 kali, Pilgub 10 kali. Semua ditulis tangan dan tidak boleh ada kesalahan,” katanya.

KLIK : Adhy Firdaus Bikin Ribuan Massa Gelorakan Semangat “Ganti Walikota, Pilih Pemimpin Bekasi Maju”

Dalam simulasi nanti, KPU Kota Bekasi telah mengundang seluruh masyarakat yang telah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 55 tersebut menggunakan form C6.

“Seluruh DPT yang di TPS itu ada 387, semuanya kita udang menggunakan C6 seperti biasa, RW juga sudah menginformasikan ke warga untuk hadir. Namun kita tidak bisa memaksakan mereka harus hadir. Kita juga akan melakukan simulasi seolah-olah ada yang datang dari TPS lain,” jelas dia.

KPU juga akan mengerahkan tujuh KPPS dan dua orang Linmas, serta satu orang Pengawas TPS (PTPS) juga pihak Kepolisian untuk mengamankan.

Kegiatan simulasi ini memang hanya digelar satu kali. Namun Nurul menyatakan bahwa seluruh prosesnya akan direkam, sehingga dapat menjadi bahan Bimtek bagi KPPS lainnya.

“Ini akan kita rekam dan akan menjadi bahan bimtek untuk KPPS yang lain. Kita mulai jam 7 pagi sampai jam 1 siang,” tandasnya.[ISH/POB]

BEKASI TOP