Jabar Asyik Gagas Masyarakat Santun, Berbudaya dan Toleran

Calon Gubernur Jabar Sudrajat.[IST]

BEKASI, POSBEKASI.COM – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3 Mayjen TNI (Purn) Sudrajat – Ahamd Syaikhu (Jabar Asyik) memiliki gagasan mendasar dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

“Jawa Barat yang kental dengan budaya Sunda dikenal sangat menjunjung tinggi sopan santun. Inilah salah satu gagasan dalam salah satu visi misi Jabar Asyik untuk menjadikan Rakyat Asyik yang memiliki budaya dan toleransi,” kata Wakil Ketua DPD Gerindra Jabar, H.Syahrir,SE, dalam keterangan tertulisnya yang diterima posbekasi.com, Kamis 10 Mei 2018.

Pada umumnya lanjut anggota DPRD Jabar dari daerah pemilihan Kabupaten Bekasi, karakter masyarakat Jabar adalah periang, ramah-tamah (soméah, seperti dalam falsafah someah hade ka semah), murah senyum, lemah-lembut, dan sangat menghormati orang tua.

KLIK : Jabar Asyik Bangun Manusia Unggul Dari Keluarga Asyik

“Selain itu, Jabar juga dikenal sebagai masyarakat yang lembut dan religius. Hal ini sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia, hingga setiap tahun wisatawan baik lokal dan mancanegara terus meningkat berwisata ke Jabar,” tutur Ketua Komisi I DPRD Jabar ini.

Kecenderungan ini sambung Syahrir, tampak sebagaimana dalam pameo silih asih, silih asah dan silih asuh-saling mengasihi (mengutamakan sifat asih), saling memperbaiki diri (melalui pendidikan dan berbagi ilmu), dan saling melindungi (saling menjaga keselamatan).

Semua nilai-nilai dan budaya itu mungkin sudah mulai pudar dan kita impikan terlestarikan dan menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat di tahun 2023 sehingga masyarakat santun, berbudaya dan toleran menjadikan Jabar lebih dikenal di dunia,” ungkapnya.[ZAI/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *